Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual (MPPK) Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Multikultural Siswa Sekolah Dasar Berlatar Belakang Monokultur

Subroto Rapih, Sutaryanto Sutaryanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran perubahan konseptual pada hasil belajar IPS dan sikap multikultural siswa Sekolah Dasar yang berada di wilayah Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dalam bentuk Post-Test Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan tiga variabel yang terdiri dari satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran perubahan konseptuan sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar IPS dan sikap multikultural siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan analisis statistik multivariat (MONOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS dan kesadaran multikultural pada siswa yang mengikuti pembelajaran perubahan konseptual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil perhitungan F: 40,222;p<0.05. 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa yang mengikuti pembelajaran perubahan konseptual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil perhitungan F: 70.520;p<0.05. 3) terdapat perbedaan kesadaran multikultural pada siswa yang mengikuti pembelajaran perubahan konseptual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil perhitungan F: 12.089;p<0.05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembalajaran perubahan konseptual berpengaruh pada hasil belajar mata pelajaran IPS dan kesadaran multikultural siswa kelas IV Sekolah Dasar di wilayah Desa Gondosuli.

Keywords


Model Pembelajaran Perubahan Konseptual (MPPK); IPS; Multikultur

Full Text:

PDF

References


Ardhana, W., Purwanto, Kaluge, L., & Santyasa, I W. 2004. Implementasi pembelajaran inovatif untuk pemahaman dalam belajar fisika di SMU. Jurnal Ilmu Pendidikan. 11(2). (152-168).

Baser, M. 2006. Fostering conceptual change by cognitive conflict based instruction on students’ understanding of heat and temperature concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 2(2). 96-114.

Brooks, J.G. & Brooks, M.G.1993.In Search Of Understanding: The Case For Constructivist Classrooms. Virginia: Association For Supervition and Ciriculum Development.

Hynd, C.R., et al. (1994). The Rule of Instructional Variables in Conceptional Change in High School Physics Topics. Journal of Research in Science Teaching. 31(9). Pp 933-946.

Musser, T. 1997. Individual differences: How field dependence - independence affects learners. Tersedia di http://www.personal.psu.edu/staff/t/x/txm4 /paper1.html

Ozkan, G. & Selcuk, G.S. 2012. How effective is “conceptual change approach” in teaching physics? Journal of Educational and Instructional Studies in the World. 2( 2)46-63.

Thomas, B.I. 2012. Effects of conceptual change pedagogy on achievement by high ability integrated science students on energy concepts. International Journal of Research Studies in Educational Technology. 1(1). 1-12


Article Metrics

Abstract has been read : 1452 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats