Pendekatan Pembelajaran Struktural Think-Pair-Share dalam Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan dan Mempraktikkan Shalat Fardlu Siswa Sekolah Dasar

Sahudi Sahudi

Abstract


Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam. Penelitian ini membahas kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan menerapkan pembelajaran Think-Pair-Share. Pendekatan struktural Think-Pair-Share merupakan cara yang efektif untuk mengubah pola diskursus di dalam kelas. Think-Pair-Shere memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Hasil analisa data per siklus dapat diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I  65,00, nilai rata-rata pada siklus II 76,88 dan siklus III rata rata 86,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan baik secara individual maupun klasikal. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan pendekatan Struktural Think-Pair-Share pada siswa kelas III SDN 2 Munggu Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016.


Keywords


Pembelajaran Struktural; Think-Pair-Share; Shalat Fardu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depag RI. (1983). Al Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan penyelenggara penerjemah Al-Qur’an.

Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya. University Press.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajara Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.


Article Metrics

Abstract has been read : 122 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats