PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PRODUK MINUMAN DENGAN METODE DEDICATED STORAGE PADA PT. ABC

Yuri Delano Regent Montororing

Abstract


PT. ABC adalah sebuah perusahaan distributor minuman yang memasarkan produknya ke wilayah Jawa Barat. Seluruh produk makanan dan minuman yang dipasarkan PT. ABC diperoleh langsung dari supplier produk tersebut. Permasalahan yang terjadi di perusahaan adalah layout produk dalam gudang saat ini masih belum baik. Penempatan suatu jenis produk di atas palet tidak memiliki lokasi yang pasti. Produk yang baru datang diletakkan dimana saja dimana terdapat palet yang kosong atau di area dekat pintu masuk. Akibatnya produk yang keluar dari gudang belum tentu produk yang masuk ke gudang lebih dahulu. Hal ini menyebabkan ada produk-produk yang tidak terdistribusikan sehingga produk mengalami kadaluarsa di dalam gudang. Metode perbaikan layout yang diusulkan oleh penulis adalah metode Dedicated Storage yang mengatur penempatan produk berdasarkan minimasi jarak tempuh antara lokasi penempatan produk dengan pintu masuk gudang. Dengan menerapkan layout usulan, pengambilan produk menjadi lebih mudah dan juga terlihat rapih. Masing-masing jenis produk sudah memiliki lokasi yang pasti dan penempatan produk sudah memperhatikan konsep slow moving dan fast moving.


Keywords


Dedicated storage, layout planing , Rectilinier.

Full Text:

PDF

References


R. L. Francis, Facility Layout and Location, An Analitycal Approach. New Jersey: Prentice Hall, 1992.

F. Abdullah, “Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Jadi Dengan Menggunakan Metode Dedicated Storage Di PT. Cahaya Kawi Ultra Polyntraco,” JSTI J. Sist. Tek. Ind., vol. 2, pp. 14–54, 2015.

A. Yohanes, “Analisis Perbaikan Tata Letak Fasilitas Pada Gudang Bahan Baku Dan Barang Jadi Dengan Metode Share Storage Di Pt . Bitratex Industries Semarang,” Din. Tek. J. Pengemb. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 1, pp. 25–34, 2012.

J. Apple, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Bandung: ITB, 2011.

W. Sritomo, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Surabaya: Guna Widya, 2009.

H. Permana, “Perancangan Tata Letak Gudang Pada CV. Sumaken Di Semarang Menggunakan Metode Dedicated Storage,” Appl. Ind. Eng. J., vol. 1, pp. 1–25, 2016.

S. R. Sitompul, “Perencanaan Tata Letak Gudang Produk jadi dengan Metode Storage/Reiterval Pada PT. Charoen Pokphan Indonesia.,” JSTI J. Sist. Tek. Ind., vol. 11, pp. 1–8, 2009.


Article Metrics

Abstract has been read : 254 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v4i1.9273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats