ANALISIS RELIABILITAS DAN AVAILABILITAS PADA SEPEDA MOTOR HONDA 125CC

Silvi Rushanti Widodo, Imam Safi'i, Heribertus Budi Santoso

Abstract


Perkembangan teknologi berjalan pesat akhir-akhir ini yang dapat dirasakan dalam berbagai bidang dan kegiatan kehidupan seperti bidang kegiatan manufaktur. Perubahan teknologi menimbulkan perubahan dari komponen yang digunakan serta luaran yang dihasilkan. Sepeda motor adalah sebuah kendaraan yang dimiliki oleh hampir setiap orang untuk berkendara dan membantu melakukan aktivitas sehari-hari. Kinerja sistem sepeda motor saat ini menjamin keselamatan pengoperasian sistem dalam operasi. Pada era saat ini, persaingan antar berbagai jenis sepeda motor kian ketat. Kenaikan permintaan sepeda motor juga meningkat. Penelitian ini ingin mengetahui peluang sistem sepeda motor akan mampu beroperasi atau menunjukkan kinerja yang diharapkan dalam rentang waktu tertentu serta dalam kondisi operasi tertentu pula. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis reliabilitas dan availabilitas pada masing-masing tipe sepeda motor. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah availabilitas terbesar dimiliki oleh sepeda motor Honda Vario 125 yakni sebesar 0,9668. Seluruh tipe sepeda motor Honda 125 cc akan mengalami penurunan nilai reliabilitas dari waktu ke waktu. Sepeda motor Honda Supra 125cc memiliki reliabilitas tinggi karena nilai reliabilitas masih berada di angka 96%.


Keywords


perawatan; kerusakan; ketahanan; sepeda motor

Full Text:

PDF

References


Y. Praharsi, I. K. Sriwana, and D. M. Sari, “Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance Pada PT. Artha Prima Sukses Makmur,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, pp. 59–65, 2015.

N. D. Anggraeni and I. Nurhadi, “Analisis Reliability untuk Menentukan Mean Time Between Failure (MTBF) Studi Kasus Pada Sebuah PLTU,” in Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri, 2017, pp. 17–18.

Yuhelson, B. Syam, S. Sinullingga, and I. Isranuri, “Analisis Reliability Dan Availability Mesin Pabrik Kelapa Sawit Pt. Perkebunan Nusantara 3,” J. Din., vol. 2, no. 6, pp. 6–22, 2010.

Reza and B. P. Fitrikananda, “Airbleed Indicator Faultilluminate Akibat Gangguan Pada Pressure Regulator Pada Sistem De-Icing Pesawat Atr 42-500,” Indept, vol. 6, no. 2, pp. 1–5, 2016.

P. Tarigan, E. Ginting, and I. Siregar, “Perawatan Mesin Secara Preventive Maintenance dengan Modularity Design pada PT. RXZ,” J. Tek. Ind. USU, vol. 3, no. 3, pp. 35–39, 2013.

Y. Soewito and Fakultas, “Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 3, pp. 218–229, 2013.

M. R. Bilondatu, “Motivasi, Persepsi dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha di Minahasa,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 3, pp. 710–720, 2013.


Article Metrics

Abstract has been read : 70 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v4i1.8382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats