Analisa Perencanaan Perbaikan Kualitas untuk Mengurangi Cacat Produk Coffee Chocolate Creamer Menggunakan Metode Kaizen (Study Kasus CV Graha Rejeki Indonesia)

Anik Rufaidah, Nailul Izzah, Muhamad Rusli Efendi

Abstract


Kualitas merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu produk untuk dapat bersaing dan menarik perhatian konsumen di pasaran. CV. Graha Rejeki Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur yang memproduksi olahan biji kopi menjadi kopi bubuk dengan aneka rasa. Permasalahan yang sering terjadi dilantai produksi terutama bagian proses yaitu banyaknya temuan produk cacat atau tidak sesuai dengan standart. Dari kondisi tersebut maka perlu melakukan penyelesaian terhadap penyebab kecacatan produk dengan menggunakan metode Kaizen dengan siklus PDCA dan gerakan 5S. Dari hasil analisis menunjukkan pada tabel check sheet terdapat tiga jenis kriteria cacat. Dari histogram diketahui kriteria cacat yang paling banyak adalah bubuk kopi menggumpal yakni sebesar 516 kg. Dari peta kendali P diketahui hasil nilai UCL 0,4595 dan LCL -0,1592. Nilai tersebut menunjukkan masih dalam batas kendali perusahaan. Dari diagram pareto diperoleh jenis cacat yang paling dominan adalah cacat bubuk kopi menggumpal dengan 45,1%. Dari hasil analisis fishbone diagram diketahui penyebab kecacatan bubuk kopi menggumpal adalah faktor manusia, bahan baku, metode dan lingkungan. Setelah diketahui penyebab kecacatan, maka dilakukan perbaikan menggunakan siklus PDCA dan 5S yaitu dengan melakukan tindakan memberikan pengarahan dan bimbingan konseling pada karyawan yang melanggar, saling koordinasi dengan atasan serta selalu memelihara dan merawat tempat kerja agar dapat bekerja dengan nyaman.

Keywords


Kaizen ;Seven tools; Siklus PDCA; Gerakan 5S

Full Text:

PDF

References


V. Gaspers, Total Quality Management. Bogor: Vinchristo Publication, 2011.

D. C. Montgomery, Introduction to Statistical Quality Control. New York: John Wiley & Sons, Inc., 2009.

N. N. R. Putra and M. Al Musadieq, “Analisis Penerapan Budaya Kaizen Pada Perusahaan Joint Venture Asal Jepang di Indonesia,” J. Adm. Bisnis, vol. 57, no. 1, pp. 188–197, 2018.

J. Heizer and B. Render, Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta: Salemba Empat, 2006.

A. Fatkhurrohman, “Penerapan kaizen dalam Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT. Bridgestone Tire Indonesia,” J. Adm. Kant., vol. 4, no. 1, pp. 14–31, 2016.

Darsono, “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk,” J. Ekon. Manaj. Akutansi, no. 35, pp. 1–17, 2013.

S. Prawirosentono, Manajemen Berbasis Mutu. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

M. Fitri, “Gemba Kaizen dan Hubungannya dengan Penerapan Sistem Manajemen Kualitas ISO9001,” J. Teknol. Elektro, vol. 7, no. 1, 2016.

H. Tannady, Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

S. Wignjosoebroto, Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Surabaya: Guna Widya, 2003.

A. Adyatama and N. U. Handayani, “Perbaikan Kualitas Menggunakan Prinsip Kaizen Dan 5 Why Analysis : Studi Kasus Pada Painting Shop Karawang Plant 1, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 13, no. 3, pp. 169–176, 2018.

A. Handoko, “Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Pendekatan PDCA dan Seven Tools pada PT. Rosandex Putra Perkasa Di Surabaya,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 6, no. 2, pp. 1329–1347, 2017.

A. S. Nugraha, A. Desrianty, and L. Irianti, “Usulan Perbaikan Berdasarkan Metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) untuk Area Kerja Lantai Produksi di PT. X,” Reka Integr. J. Tek. Ind., vol. 4, no. 3, pp. 219–229, 2015.


Article Metrics

Abstract has been read : 866 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats