Penentuan Safety Stock Berdasarkan Simulasi Jumlah Produk Cacat (Studi Kasus Produk Sambungan Pipa di PT Aneka Adhilogam Karya)

Mega Inayati Rif’ah, Satrio Aji Pambudi

Abstract


PT. Aneka Adhilogam Karya adalah perusahaan pengecoran logam yang mengutamakan kualitas produk yang dihasilkannya. Salah satu produk yang dihasilkannya adalah sambungan pipa. Produksi produk tersebut adalah berdasarkan pesanan konsumen (make to order). Namun dalam memenuhi jumlah pesanan konsumen, perusahaan tersebut sering terkendala oleh jumlah produksi yang berkurang akibat produk cacat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan besarnya persediaan pengaman (safety stock), agar perusahaan dapat memenuhi jumlah pesanan konsumen, dan service level-nya mencapai 95%. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah 1) analisis pengendalian kualitas produk dengan Peta Kendali p, 2) peramalan jumlah produk cacat dengan menggunakan simulasi Monte Carlo, dan 3) penentuan jumlah safety stock. Hasil yang didapatkan adalah 1) jumlah produk cacat sambungan pipa masih dalam batas kendali, 2) peramalan jumlah produk cacat menggunakan simulasi Monte Carlo memiliki error sebesar 2,57, dan 3) jumlah safety stock yang disarankan untuk mengantisipasi adanya produk cacat adalah 6 unit.


Keywords


Persediaan; Simulasi Monte Carlo; Safety Stock; Service Level; Cacat Produk

Full Text:

PDF

References


A. H. Nasution, Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Surabaya: Guna Widya, 2003.

S. N. Bahagia, Sistem Inventori. Bandung: ITB, 2006.

D. Kushartini and I. Almahdy, “Sistem Persediaan Bahan Baku Produk Dispersant Di Industri Kimia,” J. PASTI, vol. 10, no. 2, pp. 217–234, 2016.

A. Afnina and Y. Hastuti, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan,” J. Samudra Ekon. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 21–30, 2018.

D. Anggraeni, S. Kumadji, and S. Sunarti, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 37, no. 1, pp. 171–177, 2016.

Y. H. Hayati and G. Sekartaji, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo,” JIMFE (Jurnal Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 49–56, 2015.

Irwan and D. Haryono, Pengendalian Kualitas Statistik. Bandung: Alfabeta, 2015.

N. Apriyani and A. Muhsin, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity Dan Kanban Pada PT Adyawinsa Stamping Industries,” Opsi, vol. 10, no. 2, p. 128, 2017.

K. Hidayat, J. Efendi, and R. Faridz, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kerupuk Mentah Potato Dan Kentang Keriting Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ),” Performa Media Ilm. Tek. Ind., vol. 18, no. 2, pp. 125–134, 2020.

Sumiati and Iriani, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Simulasi Monte Carlo di UD. Selebriti,” Tekmapro J. Eng. Manag., vol. 12, no. 2, pp. 43–55, 2017.

R. J. Tersine, Principles of Inventory and Materials Management. Oklahoma: Prentice Hall International, Inc., 1994.

I. N. Pujawan, Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya, 2005.


Article Metrics

Abstract has been read : 467 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats