Analisis Pengendalian Kualitas untuk Mengendalikan Tingkat Cacat Produk Closet Duduk pada PT. XYZ

Mega Inayati Rif’ah, Eric Sandi Yudha

Abstract


PT. XYZ adalah perusahaan yang memproduksi Sanitary Wares yang mengutamakan kualitas produk yang dihasilkannya. PT. XYZ menyadari bahwa kualitas merupakan salah satu faktor agar produk mampu memenuhi permintaan pasar. Salah satu produk yang dihasilkan PT. XYZ adalah closet tipe CW420J. Produk tersebut sering kali tidak dapat memenuhi permintaan pasar, dan salah satu hal yang disorot pihak manajemen PT. XYZ sebagai penyebab adalah terkait kualitas produknya. Maka tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap pengendalian kualitas produk closet tipe CW 420J tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Peta Kendali p. Hasil pengolahan dengan menggunakan Peta Kendali p menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 47% dari 30 periode data cacat yang berhasil dikumpulkan menunjukkan adanya proporsi cacat yang berada di luar garis batas kendali. Hal ini membutuhkan tindakan segera dari pihak managemen PT. XYZ untuk melakukan identifikasi lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya proses yang di luar kendali tersebut, dan melakukan perbaikan.

Keywords


Kualitas Produk; Sanitary Wares; Permintaan Pasar; Peta Kendali; Cacat Produk

Full Text:

PDF

References


Irwan and D. Haryono, Pengendalian Kualitas Statistik. Bandung: Alfabeta, 2015.

A. Afnina and Y. Hastuti, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan,” J. Samudra Ekon. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 21–30, 2018.

D. Anggraeni, S. Kumadji, and S. Sunarti, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 37, no. 1, pp. 171–177, 2016.

Y. H. Hayati and G. Sekartaji, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo,” JIMFE (Jurnal Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 49–56, 2015.

F. G. Igir, J. R. E. Tampi, and H. Taroreh, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up,” J. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 86–96, 2018.

S. Istoto and I. K. Subagja, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon PT. Syafina Niaga,” J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, vol. 6, no. 2, 2018.

Riyono and G. E. Budiharja, “Pengaruh Kualitas, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati,” J. Stie Semarang, vol. 8, no. 2, pp. 92–121, 2016.

H. Tannady, Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.


Article Metrics

Abstract has been read : 387 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats