Mengoptimalkan Pemasaran Produk UKM di Tengah Pandemi Covid-19

Siti Mundari, Zainal Arief, Erma Yuliaty, Adiati Trihastuti, Sri Hadijono

Abstract


Wabah covid-19 membuat dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Salah satu UKM yang terkena dampak  pandemi Covid-19 adalah UKM “KUEKU” yang beralamat Jln.Carikan IV no.6A Kecamatan Bubutan Surabaya. Produk yang dihasilkan UKM ini adalah Otak-otak Bandeng Suroboyo. Permasalahan yang dihadapi UKM produsen Otak-otak Bandeng sejak  terjadinya pandemi covid-19 ini adalah penjualan menurun drastis sehingga tinggal 30%  . Strategi pemasaran perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar UKM  bangkit kembali dari keterpurukan. Hasil dari pengamatan terhadap konsumen  Otak-otak Bandeng Suroboyo adalah konsumenya berusia 35 tahun ke atas. Sedangkan masyarakat yang berusia dikisaran 15-35 tahun berdasarkan angket yang disebar sebanyak 100 orang,  banyak yang mengenal otak-otak bandeng Suroboyo tapi  sebatas mendengar saja sebanyak  87 orang  dan  38 orang   pernah mengkonsumsi serta 28 orang  sangat menyukai, hal ini dapat dikatakanbahwa produk ini sebetulnya telah mendapat tempat di hati masyarakat.  Hasil analisis SWOT terlihat bahwa produk  Otak-otak Bandeng Suroboyo ini  antara peluang dengan kekuatan yang dimiliki saling mendukung, hal ini diketahui  dari titik singgung IFAS dan EFAS berada pada kuadran 1 (Positif, Positif). Untuk itu strategi yang bisa dilakukan oleh UKM “KUEKU” dalam memasarkan otak-otak bandeng Suroboyo agar optimal adalah  strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan  melakukan Strategi Ofensif


Keywords


Pandemi Covid-19; Otak-otak Bandeng; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Freddy Rangkuti. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2013

Kotler, Philip and Garry Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.2008.

Purwanto,I,. Manajemen Strategi, Y rama Widya, Bandung 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.2014

Tjiptono F, Diana A . Kepuasan Pelanggan, Konsep,Pengukuran, dan Strategi. Penerbit CV. Andi Offset 2019.


Article Metrics

Abstract has been read : 752 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats