Penilaian Kinerja Pemasok Kayu dengan Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Dian Eko Hari Purnomo, Alfani Risman Nugroho

Abstract


Penilaian kinerja pemasok merupakan keputusan yang penting dalam suatu perusahaan, karena akan meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang sangat kompetitif. CV. Rimba Sentosa sedang melakukan pemilihan supplier yang akan memasok bahan baku kayu mahoni dengan lima pemasok, yaitu Manggala Jati, UD. Jati Mukti, Toko Kayu Jati”Mukti”, Gunung Hijau, dan Indah Sentosa. Dalam penelitian ini penilaian kinerja pemasok terbaik menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini didasarkan pada konsep perbandingan berpasangan untuk setiap hirarki yang ada pada struktur hirarki yang ada. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini ada 3 kriteria dan 6 sub kriteria yang mendukung setiap kriteria. Kriteria-kriteria yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja pemasok adalah waktu, kualitas, dan harga. Sub kriteria yang dapat digunakan dalam untuk penilaian kinerja pemasok adalah pengiriman tepat waktu, lead time, spesifikasi bahan baku, jumlah bahan baku, harga pembelian bahan baku, dan biaya transportasi. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode AHP, maka pemasok yang mempunyai nilai terbaik adalah pemasok “Indah Sentosa”, yang mana nilainya adalah 0,344 atau 34,420%.


Keywords


Penilaian Kinerja Pemasok ; AHP

Full Text:

PDF

References


I. N. Pujawan, Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya, 2015.

M. Rahardjo, Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. Malang, 2017.

K. Amin, J. Krishnan, and J. S. Yang, “Going Concern Opinion and Cost of Equity,” Audit. A J. Pract. Theory, vol. 33, no. 4, pp. 1–39, 2014.

C. O. Doaly, P. Moengin, and G. Chandiawan, “Pemilihan Multi-Kriteria Pemasok Department Store Menggunakan Metode Fuzzy Ahp Dan Topsis,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 7, no. 1, pp. 70–78, 2019.

L. Utari and R. Agustriani, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Merekomendasikan Penentuan Supplier Bahan Baku Kertas,” Teknois J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 9, no. 1, pp. 43–52, 2019.

C. Trimulia, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Pemilihan Supplier Obat yang Tepat dengan Metode Simple Additive Weighting,” J. Sains dan Teknol. Ind., vol. 16, no. 1, p. 37, 2018.

S. O. Viarani and H. R. Zadry, “Analisis Pemilihan Pemasok dengan Metode Analitycal Hierarchy Process di Proyek Indarung VI PT Semen Padang,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 14, no. 1, p. 55, 2016.

F. Saputra, A. Bakar, and F. H. Mustofa, “Usulan Penentuan Prioritas Supplier Bahan Baku Plate Steel dengan Metode Promethee di PT DIRGANTARA INDONESIA,” J. Itenas, vol. 4, no. 1, pp. 370–381, 2016.


Article Metrics

Abstract has been read : 457 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats