Penanganan Mitigasi Risiko Rantai Pasok Budidaya Bibit Udang Vannamei dengan Pendekatan House of Risk di Usaha Dagang Jaya Makmur Abadi Glagah Lamongan

Anik Rufaidah, Nailul Izzah, Mariyatul Qibtiyah

Abstract


Jaya makmur abadi merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang penangkaran gelondongan udang vannamei dan nener (bibit bandeng) yang berdiri pada tahun 2006. Penelitian ini difokuskan pada risiko rantai pasok penangkaran gelondongan udang vannamei, karena belum teridentifikasi dengan jelas rantai pasok yang digunakan. Tujuan penelitian ini 1) mengidentifikasi kejadian risiko dan sumber risiko dalam aktivitas rantai pasok penangkaran gelondongan udang vannamei 2) penanganan mitigasi risiko dalam aktivitas rantai pasok penangkaran gelondongan udang vannamei. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Supply Chain Operations Reference (SCOR) untuk mengetahui aktivitas rantai pasok, kejaidan risiko, dan sumber risiko. Cause and Effect Diagram digunakan untuk  mengetahui akar penyebeb risiko dan akibatnya dan House of Risk (HOR) digunakan untuk mencegah kejadian risiko dan memitigasi sumber risiko. Hasil penelitian ini didapatkan 24 kejadian risiko dan 22 sumber risiko. Dari diagram pareto terdapat 3 sumber risiko yang akan dilakukan penanganan. Dalam penanganan mitigasi risiko didapatkan 8 rekomendasi aksi mitigasi dalam risiko rantai pasok usaha dagang Jaya Makmur abadi.

Keywords


Cause and Effect Diagram ; HOR ; Risiko Rantai Pasok ; SCOR

Full Text:

PDF

References


WWF, Budidaya Udang Vannamei. Jakarta: WWF Indonesia, 2014.

R. Triyanti and R. Yusuf, “Analisis Manajemen Rantai Pasok Lobster (Studi Kasus di Kabupaten Simeulue, Aceh),” J. Sos. Ekon. Kelaut. dan Perikan., vol. 10, no. 2, p. 203, 2016.

S. R. Maria Ulfah, Mohamad Syamsul Maarif, Sukardi, “Analisis dan Perbaikan Manajemen Risiko Rantai Pasok Gula Rafinasi dengan Pendekatan House Of Risk,” J. Teknol. Ind. Pertan., vol. 26, no. 1, pp. 87–103, 2016.

H. Tannady, Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

F. Tampubolon, A. Bahaudin, and P. Ferro Ferdinant, “Pengelolaan Risiko Supply Chain dengan Metode House of Risk,” J. Tek. Ind., vol. 1, no. 3, pp. 222–226, 2013.

H. Aini, M. Syamsun, and A. Setiawan, “Risiko Rantai Pasok Kakao Di Indonesia Dengan Metode Analytic Network Process Dan Failure Mode Effect Analysis Terintegrasi,” J. Manaj. Agribisnis, vol. 11, no. 3, pp. 209–219, 2015.

B. R. Kristanto and N. L. P. Hariastuti, “Aplikasi Model House of Risk ( Hor ) untuk Mitigasi Risiko pada Supply Chain Bahan Baku Kulit,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 13, no. 2, pp. 1–10, 2014.

A. Luthfi and H. Irawan, “Analisis Risiko Rantai Pasok Dengan Model House Of Risk (HOR),” J. Manaj. Indones., vol. 1, p. 11, 2012.

I. Fahmi, Manajemen Risiko. Bandung: CV Alvabeta, 2013.

S. Mulyawan, Manajemen Risiko. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

N. Pujawan, I, Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya, 2010.

J. Supranto and L. Hakim, Pengambilan Risiko Secara Strategis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.

C. Kusnindah, Y. Sumantri, and R. Yuniarti, “Pengelolaan Risiko Pada Supply Chain dengan Menggunakan Metode House of Risk,” J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Ind., vol. 2, no. 3, pp. 661–671, 2014.

D. E. Adi and N. Susanto, “Analisis Manajemen Risiko Aktivitas Pengadaan pada Percetakan Surat Kabar,” J. Metris, vol. 18, pp. 113–118, 2017.


Article Metrics

Abstract has been read : 882 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v3i1.6548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats