OPTIMALISASI PROSES PRODUKSI H-BEAM DENGAN METODE PERT (PROGRAM EVALUTION REVIEW TECHNIQUE) DAN CPM (CRITICAL PATH METHOD) DI PT. MULCINDO STEEL INDUSTRY

Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti, Nuril Hidayati Ningsih

Abstract


Perencanaan kegiatan proyek dilakukan setiap pekerjaan salah satunya adalah kegiatan perencanaan proyek. Penetuan perencanaan kegiatan proyek ini berfungsi untuk mengoptimalkan waktu durasi alokasi pelaksanaan yang diselesaikan dengan waktu optimal sehingga suatu proyek bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu sehingga tidak terjadinya keterlambatan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan proses produksi H-Beam di PT. Mulcindo Steel Industry dan menentukan waktu penyelesaian proses produksi H-Beam dengan menggunakan metode PERT (Project Evaluation and Review Technique) dan CPM (Critical Path Method). Kegiatan proses produksi besi jenis H-Beam ini terdapat hubungan ketergantungan aktivitas satu dengan yang lain seperti Pengecekan Plat, Perencanaan Pemotongan Jalur Plat, Pemotongan Plat, Penghalusan Sisi Plat, Penyambungan Pertama Bagian Flange ke Bagian Web, Penyambungan ke-2 Bagian Flange ke Bagian Web, Pengelasan System SAW, Proses Repair, Proses Pelurusan Produk, Proses Akhir Pengecekan Dimensi, Proses Memberi Label Barang. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan metode PERT dan CPM dapat diketahui ada 11 kegiatan proses produksi yang dilakukan selama 160 menit dan ada satu slack=0 yang berada dikegiatan G, sehingga lintasan kritis pada kegiatan proses produksi besi baja H-beam adalah A – C – D – E- F – G – H – I- J – K dengan waktu penyelesaian proses selama 160 menit.

Keywords


Perencanaan, Pengendalian, Proses produksi, CPM, PERT

Full Text:

PDF

References


W. I. Ervianto, Manajemen Proyek Kontruksi. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

P. Mali, Improving Total Productivity. London: Jhon Wiley & Sound, 1978.

F. Agustina and N. A. Riana, “Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di PT. X,” J. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 6, no. 2, pp. 150–158, 2011.

R. J., Produktivitas dan Manajemen. Jakarta: Dewan produktivitas nasional dan The Asia Foundation, 1985.

V. Gaspersz, Manajemen Produktivitas Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998.

D. Sumanth., Productivity Engineering and Mangement. New York: Mc Graw Hill Book Company, 1995.

F. Tania and M. Ulkhaq, “Pengukuran dan Analisis Produktivitas di PT. Tiga Manunggal Synthetic Industries dengan Menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ),” Ind. Eng. Online J., vol. 5, no. 4, pp. 1–9, 2016.


Article Metrics

Abstract has been read : 801 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v2i2.5971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats