PENGEMBANGAN PRODUK KERUPUK IKAN BANDENG DI KABUPATEN GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Narto Narto

Abstract


Kerupuk ikan bandeng merupakan hasil UKM unggulan di Kabupaten Gresik. Dengan kondisi geografis yang mempunyai pontensi tambak yang menghasilkan ikan bandeng. Banyaknya budidaya ikan bandeng yang dapat dihasilkan dari tambak yang berada di pesisir utara kabupaten Gresik memiliki nilai potensial tinggi untuk dimanfaatkan sebagai produk olahan ikan. Semakin hari semakin melimpah, tidak menutup kemungkinan jika suatu hari pasar mengalami kejenuhan akan kebutuhan ikan bandeng, karena masing-masing produk selalu memiliki siklus hidup produk. Untuk meningkatkan pemanfaatan bahan baku
pembuatan kerupuk ikan bandeng di kabupaten Gresik maka perlu dilakukan strategi pengembangan produk melalui voice of customer dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Hasil penelitian diperoleh atribut – atribut yang dapat diprioritaskan pertama adalah perbaikan proses produksi dari mulai penggunaan bahan baku utama yaitu ikan bandeng dengan ukuran yang seragam. Pengolahan yang sesuai dengan standar keamanan untuk makanan. Penggunaan mesin giling yang higienis. Kebersihan dan sterilisasi ruang produksi. Proses penjemuran dengan menggunakan oven untuk menghasilkan kualitas kerupuk ikan yang mempunyai tingkat kekeringan merata. Pengembangan yang kedua yaitu memberikan pelayanan pelanggan melalui sistem terintegrasi dengan penggunaan teknologi informasi. Pengembangan yang ketiga yaitu pembuatan desain bentuk dan ukuran dengan motif sesuai dengan keinginan konsumen.


Keywords


UKM, HoQ, Technical matrix, QFD

Full Text:

PDF

References


R. S. Putra and Y. I. Karimah, “Pengelolaan Sumber Daya Manusia Untuk Memulai Usaha Olahan Bandeng Di Desa Jenggolo Sidoarjo,” Community Dev. J., vol. 1, no. 1, pp. 12–15, 2017.

KKP, “Refleksi 2018 dan Outlook 2019 Kementerian Kelautan dan Perikanan,” 2018. .

K. Kustini, Y. Yuniningsih, and S. Winarti, “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Duri Bandeng Sebagai Bahan Pembuatan Krupuk Stik Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Rungkut Surabaya,” PEDULI, vol. 2, no. 2, pp. 56–65, 2019.

K. T. Ulrich and S. D. Eppinger, Perancangan dan Pengembangan Produk. 2001.

A. Kasan and A. Yohanes, “Improvement Produk Hammock Sleeping Bag dengan Metode QFD (Quality Function Deployment),” J. Ilm. Din. Tek., vol. 10, no. 1, pp. 40–49, 2017.

A. Hanafie, Musrawati, and Asti, “Analisis Strategi Pengembangan Produksi Gula Merah Cair Pada IKM Gula Merah Cair Dengan Menggunakan Metode QFD,” 2018.

H. Maulana and S. Suhartini, “Pengembangan Produk Meja Sablon Semi Otomatis Dengan Menggunakan Metode QFD,” J. TECNOSCIENZA, vol. 2, no. 2, pp. 20–41, 2018.

L. Cohen, Quality function Deployment: How To Make QFD Work For You. Prentice Hall, 1995.

T. Wijaya, Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano. 2011.

B. Chrisdiyanto, “Perancangan Dan Pengembangan Meja Belajar Lipat Multifungsi Yang Ergonomis Menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

F. Mantika, Z. Arifin, and V. M. Afma, “Pengembangan Desain Poduk Bantal Sofa Untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumen Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Di CV Pili Pilo Indonesia,” PROFISIENSI, vol. 5, no. 2, pp. 92–7, 2018.

I. Sulistiawan, H. B. Santoso, and A. Komari, “Perancangan Produk Kep Potong Rambut Dengan Mempertimbangkan Voice Of Customer Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 43–50, 2019.


Article Metrics

Abstract has been read : 2057 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v2i2.5956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats