STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGGILINGAN PADI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA DI UD. SUMBER TANI

Narto Narto

Abstract


Komoditi unggulan yang strategis di Indonesia adalah sektor pertanian yang dapat menghasilkan beras guna mencukupi kebutuhan pangan nasional. Salah satu pendukung industri dalam memenuhi kebutuhan pokok adalah usaha penggilingan padi. Ketersediaan lahan pertanian tidak menjadi jaminan dalam memenuhi jumlah pasokan beras nasional, terlebih lagi adanya peraturan dalam penetapan harga beras premium menjadi kendala utama dalam keberlangsungan usaha penggilingan padi UD Sumber Tani. Untuk menciptakan usaha yang mempunyai daya saing tinggi dibutuhkan model bisnis yang terstruktur dan strategi pengembangan yang mampu meningkatkan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan usaha penggilingan padi dengan model business canvas untuk menentukan strategi yang tepat guna meningkatkan daya saing usaha di UD. Sumber Tani. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai IFAS sebesar 2,9838 dan EFAS dengan skor 3,0540, sedangkan hasil penyusunan matriks IE diketahui bahwa posisi perusahaan masuk dalam sel II yaitu pertumbuhan. Strategi pengembangan dilakukan melalui segmentasi pasar dengan menyusun penjualan berbasis startup digital, peningkatan proses produksi dengan meningkatkan kualitas produk, pengembangan produk melalui inovasi produk yang berstandart dan bersertifikat, membangun sistem distribusi barang untuk menciptakan rantai pasok barang yang stabil.


Keywords


Segmentasi, BMC, Daya saing, SWOT

Full Text:

PDF

References


BPS, “Produksi Padi Menurut Provinsi (ton), 1993-2015,” 2019. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/865. [Accessed: 10-Apr-2019].

E. Dewi, “Analisis Kebijakan Swasembada Beras dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan,” J. Agribis - Fak. Pertanian, Univ. Tulungagung, vol. 14, pp. 29–42, 2018.

BPS, “Rata-rata Harga Beras di Tingkat Perdagangan Besar/Grosir Indonesia (Rupiah/Kg), 2010-2019,” 2018. .

R. M. Rukka, N. Busthanul, and N. Fatonny, “Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus Hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus Pada CV. Oag Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan,” J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 14, no. 1, pp. 41–54, 2018.

D. . Permana, “Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru,” Fakt. Exacta, vol. 6, no. 4, pp. 309–319, 2013.

R. P. Pratama and E. Azis, “Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus MxD),” e-Proceeding Manag. , vol. 5, no. 3, pp. 3005–3019, 2018.

A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

M. D. T. A. A. P. F. P. A. Ramdhani, “E-Business Analysis of Garut University (UNIGA) Using the Business Model Canvas,” Int. J. Sci. Res., vol. 3, no. 6, pp. 529–534, 2014.


Article Metrics

Abstract has been read : 2401 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v2i1.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats