Evaluasi sistem manajemen K3 dengan pendekatan sistem dinamik (studi kasus industri galangan kapal)

Danang Setiawan

Abstract


Risiko kecelakaan kerja berkembang seiring dengan fungsi waktu. Industri galangan kapal merupakan sektor unggulan Indonesia, dengan karakteristik aktivitas kerja berat dan risiko kecelakaan kerja tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dinamik untuk mengevaluasi sistem manajemen K3 di sistem amatan. Pendekatan sistem dinamik digunakan karena keunggulan dalam memodelkan dinamisasi dan ketidaklinieran dalam sistem. Model sistem dinamik yang dihasilkan dapat digunakan sebagai dasar pihak manajemen dalam pengambilan keputusan terkait dengan K3. Hasil simulasi model diperoleh gambaran masih kurang optimalnya sistem manajemen K3, ditunjukkan dengan adanya fluktuasi tingkat risiko, tingkat kecelakaan kerja, safety KSA dan biaya K3. Berdasarkan hasil simulasi model kondisi eksisting, dirumuskan empat skenario perbaikan dan diuji efektifitasnya menggunakan model yang telah dibuat. Hasil perbandingan skenario diperoleh hasil bahwa alternatif skenario pelatihan K3 dan pemberian reward-punishment memberikan hasil terbaik, yaitu tingkat bahaya tertangani per bulan 14,26, safety KSA 3.07 dan tingkat kecelakaan kerja 0.17 per bulan. Model sistem dinamik dibuat secara umum sehingga dapat digunakan untuk menganalisis implementasi K3 di sistem amatan yang lain.   


Keywords


scheduling; workforce scheduling; ergonomic; energy expenditure

Full Text:

PDF

References


Moizer, J.D., System Dynamics Modelling of Occupational Safety : A Case Study Approach, Thesis, Department of Management and Organization, University of Stirling, 1999.

Dekker, S., The field guide to understanding human error, Ashgate Publishing Ltd., Aldershot, 2006.

Leveson, N., A new accident model for engineering safery systems, Safety Science, vol. 42, no. 4, pp. 237–270, 2004.

Qureshi, Z. H., A Review of accident modelling approaches for complex socio-technical systems, Proceedings of the 12th Australian Workshop on Safety Related Programmable Systems (SCS’07), vol. 86, 2007.

Kontogiannis, T., Modeling patterns of breakdown (or archetypes) of human and organizational processes in accidents using system dynamics, Safety Science, vol. 50, no. 4, pp. 931–944, 2012.

MP3EI, Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, 2011.

Hanum, N.L., Implementasi behaviour-based safety pada SMK3 guna meningkatkan safe behaviour pekerja, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, ITS Surabaya, 2012.

Perrow, C., Normal accidents: living with high-risk technologies. Princeton University Press, New Jersey, 1999.

Reason, J., Human Error, Cambridge University Press, Cambridge, 1990.

Forrester, J.W., Policies, decisions and information sources for modeling, European Journal of Operational Research, vol. 59, no. 1, pp. 2–3, 1992.

Marais, K., Saleh, J. H., and Leveson, N. G., Archetypes for Organisational Safety, Safety Science, vol. 44, no. 7, pp. 565–582, 2006.

Stranks, J., Human factor and behavioural safety, Routledge, New York, 2007.


Article Metrics

Abstract has been read : 923 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v2i1.4221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats