ANALISIS KUALITAS IKAN BANDENG DENGAN METODE SEVEN TOOLS DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LUMPUR GRESIK

Mohammad Ririn Rosyidi

Abstract


Tempat Pelelangan Ikan Lumpur Gresik (TPI) adalah tempat penjualan ikan yang produknya berasal dari petani ikan dari wilayah Gresik, sejalan dengan meningkatnya permintaan bandeng di pasar luar negeri dan pasar lokal yang mengakibatkan produsen ikan bandeng (petani) tidak memperhatikan dengan kualitas produk yang dipanen sehingga berdampak pada kualitas bandeng selama proses panen yang dilakukan oleh petani bandeng. Dengan menggunakan metode tujuh alat, proses awal penangkapan ikan susu untuk ikan ke TPI Lumpur Gresik akan dilakukan oleh petani ikan bandeng, sehingga setiap proses yang menyebabkan cacat bandeng akan diketahui. Pada penggunaan metode pertama penangkapan ikan bandeng, jenis cacat tidak utuh dengan skala ikan bandeng 2252 ekor / biji, dan bagan kendali lima titik yang keluar sehingga cacat ikan bandeng tidak dapat ditoleransi, sedangkan menggunakan metode kedua bandeng hasil tangkapan dalam skala ikan cacat tidak utuh bandeng 34 ikan / biji dan tidak ada peta kendali yang keluar dari batas kontrol atas (UCL) dan batas bawah kontrol (LCL), cacat pada bandeng masih dapat ditoleransi. Penerapan perbaikan ikan bandeng oleh petani harus menggunakan standar prosedur operasi (SOP) dalam metode kedua TPI Lumpur Gresik karena tidak menghasilkan tingkat kecacatan yang besar.

Full Text:

PDF

References


Cocon, “Nilai Strategis Perikanan Budidaya dalam Menopang Ketahanan Pangan,” Kompas, Jakarta, Jul-2017.

Sugiyarto, “Pemkab Gresik Tebar Benih Bandeng Produktif di Tambak Petani,” tribunnews.com, Gresik, 17-Sep-2014.

J. Heizer and B. Render, Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

D. H. Besterfield, G. H. Besterfield-Michna, C. Besterfield, M. Besterfield-Sacre, and R. Urdhwareshe, H. Urdhwareshe, Total Quality Management Revised Edition: For Anna University. India: Pearson Education India, 2014.

M. S. Almanfaluty, “Jelang Lebaran, Permintaan Ikan di TPI Gresik Meningkat,” bangsaonline.com, Gresik, Jun-2017.

G. Hendra, “Implementasi Pengendalian Kualias dengan Menggunakan Metode Statistik apda Pabrik Cat CV X Surabaya,” Calyptra J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 2, no. 1, 2013.

S. Muhammad, “Quality Improvement Of Fan Manufacturing Industry By Using Basic Seven Tools Of Quality : A Case Study,” J. Eng. Res. Appl., vol. 5, no. 4, pp. 30–35, 2015.

A. M. S, “Solusi, Vol. 10 No. 21, Desember 2011 – Februari 2012,” Solusi, vol. 10, no. 21, pp. 1–6, 2012.

M. Ivanto, “Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada Pt . Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya,” J. Tek. Ind., vol. 4, 2006.


Article Metrics

Abstract has been read : 1500 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v1i2.3457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats