OPTIMASI PENJADWALAN PRODUKSI DI IKM ED ALUMINIUM YOGYAKARTA

Wildanul Isnaini

Abstract


Guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas, perencanaan produksi bagi industri kecil dan menengah menjadi sesuatu yang penting karena industri tersebut memiliki lebih banyak keterbatasan dalam berbagai hal, baik material, mesin, maupun SDM. Dengan menggunakan sistem perencanaan produksi yang lebih baik, diharapkan IKM dapat meminimalisir kerugian yang mungkin akan didapatkan, tak terkecuali untuk IKM ED Aluminium. Kerugian yang mungkin didapatkan dari sistem perencanaan produksi yang kurang optimal adalah terjadinya overstock ataupun stockout yang tentu saja berimbas pada naiknya biaya atau hilangnya opportunity cost. Belum adanya sistem penjadwalan produksi yang eksak melatarbelakangi perlunya dilakukan optimasi perencanaan produksi di IKM ED Aluminium. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi penjadwalan produksi guna menghasilkan makespan minimal dan lebih baik daripada sistem penjadwalan sebelumnya. Optimasi penjadwalan produksi dilakukan dengan metodePalmer, Algoritma Dannenbring, serta Algoritma Campbell Dudek Smith (CDS).Ketiga metode ini dipilih karena sesuai dengan proses produksi IKM ED Aluminium, yaitu flowshop. Terdapat 5 kelompok produk yang menjadi objek penelitian yaitu WB, WSD, DE, PE, dan PT. Pada penelitian ini dihasilkan metode dengan mayoritas urutan penjadwalan terbaik yaitu Algoritma CDS karena menghasilkan makespan paling minimum dengan rata-rata minimasi sebesar 33,21%.


Keywords


Penjadwalan; Makespan; Palmer; Algoritma Dannenbring; Algoritma CDS

Full Text:

PDF

References


Elsayed, A. dan Boucher, T., Analysis and Control of Production System,Prentice Hall International: Canada, 1994.

Ginting, R., Penjadwalan Mesin, Graha Ilmu, Jawa Timur, 2009.

Hanke J., dan Wichern D., Business Forecasting, Pearson Prentice Hall, New Jersey, 2005.

Isnaini, W., dan Sudiarso, A., 2016, Peramalan Jumlah Permintaan Di IKM ED Aluminium Yogyakarta Menggunakan Pendekatan Kausal, Time Series, dan Gabungan Kausal-Time Series, Madiun.

Kemenperin, Perencanaan Pengendalian Produksi pada Industri Kecil Menengah, 2014, retrieved from http://bdisurabaya.kemenperin.go.id on 3 Maret. 2016.

Krisnawati, M., Perbandingan Performansi Algoritma Cross Entropy (CE) dan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) pada Penyelesaian Permasalahan Flowhsop Scheduling, Dinamika Teknik, Vol.5, pp.53-63, 2011.

Nahmias, S.,Production and Operation Analysis 3rd ed., Irwin/McGraw-Hill,Singapore, 1997.


Article Metrics

Abstract has been read : 1055 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v1i1.2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats