ANALISIS WASTE PADA PENGOLAHAN CRUMB RUBBER SIR 20 REGULER DI PT. DJAMBI WARAS

Mega Inayati Rif’ah, Aditya Pradana Penirewod

Abstract


PT. Djambi Waras merupakan perusahaan yang memproduksi karet remah (Crumb Rubber). PT. Djambi Waras adalah cabang perusahaan dari Kirana Megatara Group yang merupakan salah satu perusahaan karet remah terbesar di Indonesia. PT. Djambi Waras telah mengekspor produknya untuk memasok perusahaan ban terkenal di luar negeri sebagai produk setengah jadi. Persaingan industri merupakan hal yang semakin tidak bisa dihindari oleh setiap perusahaan saat ini. Masing-masing perusahaan harus bersaing dalam mendapatkan kepuasan konsumen, menghasilkan harga produk yang rendah, dan juga berpacu dalam lead time yang lebih pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemborosan (waste) pada pengolahan Crumb Rubber SIR 20 pada PT. Djambi Waras, dengan menggunakan konsep Lean Manufacturing, dan tool yang digunakan adalah Value Stream Mapping. Diharapkan dengan adanya identifikasi pemborosan ini, maka selanjutnya pemborosan tersebut dapat diminimalisir, dan efisiensi waktu produksi serta produktivitas dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan bahwa persentase Value Added (VA) adalah 70%, dan persentase Non Value Added (NVA) adalah sebesar 30%. Sedangkan pemborosan (waste) yang ada pada proses produksi Crumb Rubber SIR 12 Reguler adalah waiting, transportation, overprocessing, dan motion.


Keywords


Karet Remah; Waste; Value Stream Mapping

Full Text:

PDF

References


R. T. Salunkhe and A. R. Shinge, “Value Stream Mapping to Reduce Lead Time and Improve Throughput Time in a Manufacturing Organization: A Review,” J. Oper. Manag., vol. 18, no. 3, pp. 42–52, 2018.

R. Sembiring, “Pengaruh Harga, Kualitas, Keragaman Produk dan Lokasi Pasar Terhadap Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Pertanian Di Pasar Tradisional Brastagi,” J. Agrica, vol. 9, no. 2, p. 107, 2017.

Wahono, Solichin, and Misiran, “Pencapaian Lead Time Berbasis Orientasi Penyelesaian dalam Manufacturing Material di Kalangan Mahasiswa Praktikan yang Mengikuti Praktik Matakuliah Bidang Manufaktur,” J. Tek. mesin, vol. 23, no. 1, pp. 65–76, 2015.

N. Chairany, D. Lantara, N. Ikasari, and A. Ukkas, “Analisis Penerapan Lean Manufaktur untuk Mengurangi Pemborosan di Lantai Produksi PT. Eastern Pearl Flour Mills Makassar,” J. Ind. Eng. Manag., vol. 3, no. 1, p. 33, 2018.

S. Abrham and S. G. Faculty, “Application of Lean Tools for Reduction of Manufacturing Lead Time Star,” in ICST Institute for Computer Sciences, Social Informatics and Telecommunications Engineering, 2019, vol. 274, pp. 1–10.

D. Sharma, A. Khatri, and Y. B. Mathur, “Application of Value Stream Mapping in Papad Manufacturing,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018, vol. 6, no. 4, pp. 874–878.

Z. F. Ikatrinasari and D. Kosasih, “Improving Quality Control Process through Value Stream Mapping,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 219–225, 2018.

R. R. Joshi and G. R. Naik, “Process Improvement by using Value Stream Mapping : - A Case Study in Small Scale Industry,” in International Journal of Engineering Research & Technology, 2012, vol. 1, no. 5, pp. 1–10.

V. Gaspersz, Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.


Article Metrics

Abstract has been read : 274 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/kaizen.v4i1.10464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun
Lt.3 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri no 14-16 Kecamatan Kartoharjo 63117
Kota Madiun
email : kaizen@unipma.ac.id
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats