Dampak Modul Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Proyek terhadap Psikomotorik Mahasiswa

Annas Kautsar Ramadhani

Abstract


Instalasi listrik merupakan mata kuliah keahlian dan penungjang yang penting pada program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Terdapat mata kuliah teori dan juga praktikum. Pada mata kuliah praktikum, masih banyak mahasiswa yang belum menguasai pengetahuan dasar instalasi untuk praktikum. Maka dari itu dibutuhkan sebuah media yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan terarah terkait dengan mata kuliah praktikum instalasi listrik. Solusi yang ditawarkan yaitu dengan pembuatan modul instalasi penerangan listrik berbasis proyek yang juga dirancang dapat meningkatkan kemampuan psikomotor mahasiswa. Penelitian ini menerapkan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa PTE UNIPMA semester 5 tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa penilaian lembar psikomotorik mahasiswa. Uji prasyarat analisis yang dilakukan ada uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini yaitu nilai dari uji t menunjukkan nilai 15,592 yang lebih besar dari ttabel. Maka didapatkan kesimpulan bahwa modul instalasi penerangan listrik membawa dampak untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 332 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v6i1.8926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :