Pengembangan Sistem Informasi Perkuliahan Berbasis Android di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maman Hidayaturrohman, Didik Aribowo, Mustofa Abi Hamid

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa sistem informasi perkuliahan berbasis android di prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang diikuti langkah-langkah pengembangan supaya menghasilkan produk yang sesuai dan berkualitas berdasarkan penelitian ahli media dan pengguna. Sistem Operasi android sudah berjalan jauh sejak pertama kali diperkenalkan oleh Open Handset Alliance pada akhir tahun 2007. Android merupakan sistem operasi terbuka yang secara agresif dipopulerkan oleh Google. Banyak peralatan nirkabel di berbagai negara yang menggunakan sistem operasi Android. Peralatan lain seperti tablet, net-book, set-top box dan bahkan mobile juga mengadopsi sistem operasi android. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan waterfall dengan metode pengembangan software yang terdiri dari 6 macam kegiatan: Software Requirements Analysis, Design, Code Generation, Implementation, Maintenance.

Keywords


Sistem Informasi, Aplikasi Android, Waterfall

Full Text:

PDF

References


. Kominfo RI. 2018. Komisi Penyiaran Informasi Republik Indonesia.

. Nielsen. 2016. Suatu Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Informasi Global.

. Pressman, R. S. 2010. Software Engineering A Practitioner's Approach Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill Higer Education.

. Safaat, Nazaruddin H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

. Istiyanto, J. E. 2013. Pemrograman Smartphone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Susetyo Dwi Prihadi, http://fitri2532.blogspot.com/2014/12/sejarah-smartphone-dari-masa-ke-masa.html , di akses pada Desember 2018

. Andri, Kristanto. 2004. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract has been read : 722 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :