Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Pengendali Motor 3 Phase Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMKN 4 Kota Serang

Hariyanto Hariyanto, Didik Aribowo, Mohammad Fatkhurrokhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran trainer kit pengendali motor 3 fasa dan jobsheet, mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer kit, mengetahui tingkat kelayakan jobsheet instalasi motor listrik, dan mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran instalasi motor listrik. Metode penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model ADDIE meliputi (Analyze, Design, Development,Iimplementation, Evaluation). Subjek pada penelitian adalah 23 peserta didik kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 4 Kota Serang. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli medi, ahli materi, dan pengguna. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan data (1) tingkat kelayakan media pembelajaran trainer kit pengendali motor 3 fasa diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 119 dengan kategori “sangat layak”, (2) tingkat kelayakan jobsheet instalasi motor listrik diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 77 dengan kategori “sangat layak”, (3) tingkat efektifitas media pembelajaran diperoleh nilai skor n-gain sebesar 0.73 dengan kategori “efektifitas tinggi”.

Keywords


Media Pembelajaran, Trainer kit pengendali motor 3 fasa, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Sulasih, B., Syamwil, R., & Wilonoy, S. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Study Berbasis Keunggulan Lokal pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Vocational and Career Education, 79-85.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. 2015. Development Learning Model Of Charactereducation Through. International Journal of Education and Research, 369-386.More references

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Rivai, A., & Sudjana, N. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yilmaza, E., & Katrancioglub, S. 2011. Designing Programmable Logic Controller (PLC) Experiment Set. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 494-498.

Kural, M., & Kumar, H. P. 2018. Automatic Washing Machine. International Journal of Software & Hardware Research in Engineering, 10-12.

Hidayati, Q., Rachman, F. Z., Yanti, N., Jamal, N., & Suhaedi. 2017. Desain Model dan Simulasi PLC-Mikrokontroler sebagai Modul Pembelajaran Berbasis PLC. Jurnal Teknologi Rekayasa, 73-82.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Wijaya, C. A., Handhika, J., & Kartikawati, S. 2017. Pengembangan media pembelajaran pengendali kecepatan dan soft starting motor listrik berbasis arduino pada mata kuliah penggunaan dan pengaturan motor. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 15-20.

Setyawan, F., & Suprianto, B. 2014. Pengembangan Trainer dan Job-Sheet PLC Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Diklat PLC di Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 509-515.

Ardi, P., Munoto, & Buditjahjanto, A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Robot TransporterPada Mata Kuliah Elektromekanik S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 8-12.


Article Metrics

Abstract has been read : 1657 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :