Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Pengendali Motor 3 Phase Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMKN 4 Kota Serang

Authors

  • Hariyanto Hariyanto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Didik Aribowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mohammad Fatkhurrokhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6223

Keywords:

Media Pembelajaran, Trainer kit pengendali motor 3 fasa, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran trainer kit pengendali motor 3 fasa dan jobsheet, mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer kit, mengetahui tingkat kelayakan jobsheet instalasi motor listrik, dan mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran instalasi motor listrik. Metode penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model ADDIE meliputi (Analyze, Design, Development,Iimplementation, Evaluation). Subjek pada penelitian adalah 23 peserta didik kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 4 Kota Serang. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli medi, ahli materi, dan pengguna. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan data (1) tingkat kelayakan media pembelajaran trainer kit pengendali motor 3 fasa diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 119 dengan kategori “sangat layakâ€, (2) tingkat kelayakan jobsheet instalasi motor listrik diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 77 dengan kategori “sangat layakâ€, (3) tingkat efektifitas media pembelajaran diperoleh nilai skor n-gain sebesar 0.73 dengan kategori “efektifitas tinggiâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sulasih, B., Syamwil, R., & Wilonoy, S. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Study Berbasis Keunggulan Lokal pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Vocational and Career Education, 79-85.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. 2015. Development Learning Model Of Charactereducation Through. International Journal of Education and Research, 369-386.More references

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Rivai, A., & Sudjana, N. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Yilmaza, E., & Katrancioglub, S. 2011. Designing Programmable Logic Controller (PLC) Experiment Set. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 494-498.

Kural, M., & Kumar, H. P. 2018. Automatic Washing Machine. International Journal of Software & Hardware Research in Engineering, 10-12.

Hidayati, Q., Rachman, F. Z., Yanti, N., Jamal, N., & Suhaedi. 2017. Desain Model dan Simulasi PLC-Mikrokontroler sebagai Modul Pembelajaran Berbasis PLC. Jurnal Teknologi Rekayasa, 73-82.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Wijaya, C. A., Handhika, J., & Kartikawati, S. 2017. Pengembangan media pembelajaran pengendali kecepatan dan soft starting motor listrik berbasis arduino pada mata kuliah penggunaan dan pengaturan motor. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 15-20.

Setyawan, F., & Suprianto, B. 2014. Pengembangan Trainer dan Job-Sheet PLC Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Diklat PLC di Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 509-515.

Ardi, P., Munoto, & Buditjahjanto, A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Robot TransporterPada Mata Kuliah Elektromekanik S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 8-12.

Downloads

Published

31-03-2020

Issue

Section

Articles