Kesiapan Kerja Siswa SMK Ditinjau dari Kinerja Prakerin

Taufikur Rohman

Abstract


Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan dan karakteristik pekerjaan bagi siswa sebelum mereka lulus dan masuk ke dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja prakerin terhadap kesiapan siswa SMK untuk memasuki dunia kerja. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan jumlah responden sebanyak 39 siswa dari kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) yang terdapat di SMKN 1 Labang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan angket kesiapan kerja dengan skala likert 1-5. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh kinerja prakerin terhadap kesiapan kerja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kinerja prakerin berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Hasil tersebut berdasarkan nilai signifikansi 0,00 (< 0,05) dan nilai kontribusi sebesar 60,4%. Dengan demikian, temuan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan prakerin yang baik mampu meningkatkan kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja khususnya pada kompetensi keahlian TEI.

Keywords


kesiapan kerja, kinerja prakerin, siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Alismail, H. A and McGuire, P. 2015. 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150-154.

Chaplin, J.P. 2004. Kamus lengkap psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Mu’ayati, R. & Margunani. 2014. Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi Dan Minat Kerja Siswa Terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di SMK N 1 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(4), 327-335.

Wardani, E. S. 2019. Pengaruh Ekspektasi Karir terhadap Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(1), 34-41.

Kartikawati, S. & Robianto, R. F. 2016. Pengaruh Pelaksanaan Praktek Industri (PI) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Instalasi Listrik SMKN 1 Wonoasri. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(1), 26-34.

Hartoyo, T.B., Mardji & Dardiri, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI) Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Motivasi Serta Kesiapan Kerja Bidang Teknik Bubut Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1633-1639

Firdaus, Z.Z. 2012. Pengaruh Unit Produksi, Prakerin Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2,(3), 397-409.

Putriatama, E., Pramantha, S & Sugandi, R.M. 2016. Kontribusi Pengalaman Prakerin, Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Kejuruan Melalui Employability Skill Serta Dampaknya Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Probolinggo, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(8): 1544 – 1554

Pandey, P. & Pandey, M.M. 2015. Research Methodology: Tools And Techniques. Romania: Bridge Center.

Ghazalan, M.S., Halim, F.A., Hamidon, N.I., Hariri, T. I. A. A., Sallehuddin, S.A., Bahrol, K., Zakaria, N. & Roddin, R. 2019. Engineering Students’ Generic Skills after Industrial Training: Employers’ Perception. Journal Of Technical Education And Training, 11(2), 058–067.

Depdikbud. 1994. Konsep Pendidikan Sistem Ganda. Jakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1402 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats