Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Multimedia

Mojibur Rohman

Abstract


Gambar Teknik merupakan salah satu matakuliah wajib yang diajarkan pada setiap program studi Teknik Mesin di Indonesia. Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis, mengkomunikasikan serta membuat gambar secara grafis melalui norma dan standarisasi gambar teknik. Dalam artikel ini peneliti menggunakan multimedia based learning (MbL), sebuah model pembelajaran baru pada matakuliah Gambar Teknik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dalam bentuk buku digital yang menggabungkan konten audio-visual dalam satu media. Manfaat dan potensi penggunaan multimedia di kalangan mahasiswa diselidiki dan berfokus pada motivasi belajar yang meliputi beberapa aspek seperti kemudahan penggunaan, keterliabatn, kepuasan, dan kegunaanmultimedia.Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa. Untuk itu subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin Universitas Islam Raden Rahmat Malang sebanyak 16 orang yang menempuh matakuliah Gambar Teknik dengan metode MbL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan multimedia yang dikembangkan, mahasiswa dapat belajar tentang gambar teknik secara mandiri kapan saja dan dimana saja. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sangat setuju bahwa penggunaan multimedia dalam perkuliahan memenuhi beberapa aspek seperti mudah digunakan, meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memuaskan, dan sangat berguna dalam proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif di kalangan mahasiswa berpotensi untuk memberikan kontribusi yang positif dalam perkuliahan sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar mereka dalam proses pembelajaran.

Keywords


motivasi belajar, multimedia based learnig, gambar teknik

Full Text:

PDF

References


Reddy, K. Venkata. 2008. Textbook of Engineering Drawing: Second Edition. Hyderabad: BS Publications.

Mao. 2011. A Study on L2 Motivation and Applications in Reading Class in Senior High School. Theory and Practice in Language Studies, 1, 1731-1739

Yanti, Y.E. 2019. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin. 1 (2), 96 – 103.

Santrock, J. 2007. Child development. New York. McGrow.

Huda, M. 2016. Pembelajaran berbasis multimedia dan Pembelajaran Konvensional: (studi Komparasi di MTs. Al-Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian, 10,(1), 125 – 146.

Setioko, D.B., Endramawan, P. & Hariwibowo, A. 2016. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Visual Macromedia Flash Sebagai Modul Perkuliahan Motor Listrik Arus Bolak Balik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 77 – 80.

Moleong, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Davis, F. D. 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319 – 340.

Bierbaum, A., Just, C., Hartling, P., Meinert, K., Baker, A., & Cruz-Neira, C. 2001. VR Juggler: A virtual platform for virtual reality application development. In Proceedings IEEE Virtual Reality, 89 – 96.

Rusli, F.N., Zulkifli, A.N., Saad, M.N., & Yussop, Y. A Study of Students’ Motivation in Using the Mobile Arc Welding Learning App. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 3(10), 89 – 105.

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djatmiko, B.E.S. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Multimedia Komputer Untuk Meningkatkan Pemahaman, Sikap, dan Keterampilan Dalam Membubut Ulir Segitiga pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK. Teknologi dan Kejuruan, 35(1), 47 – 62.

Firdaus, M.Y. & Setuju. 2018. Penerapan Metode Simulasi dengan Menggunakan Multimedia dalam Mata Pelajaran Alat Ukur. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 62 – 67


Article Metrics

Abstract has been read : 1606 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :