Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik

Lely Yuliawati, Didik Aribowo, Mustofa Abi Hamid

Abstract


Analisis Kebutuhan Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis adobe flash yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran e-modul berbasis adobe flash ini dalam proses pembelajaran pada Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). ADDIE merupakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) & Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahap analisis merupakan tahap menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan materi. Tahap perancangan dengan merancang desain dan isi media pembelajaran. Tahap pengembangan dan implementasi dengan e-modul berbasis adobe flash sebagai media. Tahap implementasi dilaksanakan kepada seluruh siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap evaluasi diketahui apakah Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash dan materi yang disajikan sudah layak untuk digunakan.

Keywords


Media Pembelajaran, Adobe Flash, E-Modul.

Full Text:

PDF

References


. H. M. Dinsyah. 2015. Manajemen Praktik Kerja Industri. Surabaya: Kresena Bina Insan Prima.

. O. A. Meyer, M. K. Omdahl, and G. Makransky. 2019. Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment, Comput. Educ., vol. 140, p. 103603,

. S. Schneider, S. Nebel, M. Beege, and G. D. Rey. 2018. The autonomy-enhancing effects of choice on cognitive load, motivation and learning with digital media, Learn. Instr., vol. 58, pp. 161–172,

. D. Rochmawati. 2019. Evaluation of universal design for constructivist-based statistics learning module for students’ increased motivation, vol. 13, no. 3, p. 10

. B. Choi and Y. Baek. 2011. Exploring factors of media characteristic influencing flow in learning through virtual worlds, Comput. Educ., vol. 57, no. 4, pp. 2382–2394,

. D. Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2012.

. A. C. Sari, A. M. Fadillah, J. Jonathan, and M. R. David Prabowo. 2019. Interactive Gamification Learning Media Application For Blind Children Using Android Smartphone in Indonesia, Procedia Comput. Sci., vol. 157, pp. 589–595,

. H. D. Saputra, N. Nasrun, and W. Wakhinuddin. 2019. Development of Web-Based Learning Media in Vocational Secondary School,” VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, p. 37, Apr.

. I. Wijaya and R. Sefriani. 2017. Interactive Modules Based Adobe Director On Computer Assembling Subjects For Vocational Secondary School Students,” VOLT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 2, p. 73,

. M. Hosnan and Suherman. 2013. Kamus Profesional Guru. Jakarta: Yudhistira,

. H. Jonias. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran E-Module Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Elektronika di Smpn 6 Surabaya,” vol. 03, p. 5.

. I. M. Tegeh and I. M. Kirna. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sdn 1 Selat, J. Ika,

. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA,

. Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: ALFABETA,


Article Metrics

Abstract has been read : 1417 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats