Pengaruh Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI) Terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan
Abstract
terpenuhinya uji asumsi. Perhitungan skor n-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa setelah proses perlakuan. Hasil penelitian ini mennyimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran TWI terhadap pencapaian kompetensi siswa, dan diperoleh
rata-rata skor n-gain sebesar 0,3 (30%). Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi siswa sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran TWI termasuk dalam kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Earnest, J. & de Melo, F.E. (2001). Competency-Based Engineering Curricula – An
Innovative Approach. International Conference on Engineering Education, 6–10
Agustus 2001, Oslo, Norway.
Suarta, I Made. (2011). Hubungan Sistem Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Konsep
Diri dan Pengembangan Employability Skills Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan
Evaluasi Pendidikan. 16: 24-41.
Asplund, S.B., & Kilbrink, N. (2018). Learning How (and How Not) to Weld:
Vocational Learning in Technical Vocational Education. Scandinavian Journal of
Educational Research, 62(1):1-16.
Leonard, K., Noh, E. & Orey, M. (2010). Introduction to Emerging Perspectives on
Learning, Teaching, and Technology. Dalam M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives
on Learning, Teaching, and Technology (hlm.8-24). Zurich: Catherine Land.
Moedzakir, M.D. (2010). Metode Pembelajaran Program-Program Pendidikan Luar
Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Huntzinger, J. (2002). The Roots of Lean. Training within Industry: The Origin of
Kaizen. (Online), (www.trainingwithinindustry.net), diakses 20 Juni 2019.
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan
Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Arafat, M.Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI). Pedagogika: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 8(3):309-319.
Fadmadilla, D., Usmeldi, & Krismadinata. (2017). Penerapan Strategi Training Within
Industry Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik.
Invotek, 17(2): 21-26.
Hartoyo, T.H., Mardji, & Dardiri, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Training
Within Industry (TWI) dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Motivasi
serta Kesiapan Kerja Bidang Teknik Bubut Siswa SMK Kompetensi Keahlian
Teknik Pemesinan se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan
Pengembangan, 1(8): 1633-1639.
Arifandani, F., & Dorintan, N.F. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara
Pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan Konvensional pada Mata Diklat
Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kalianget. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik
Bangunan, 3(3): 158-164.
Suwandi. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Bakat Mekanik
terhadap Pencapaian Kompetensi Mengelas Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan
Kejuruan, 33(1): 15-28.
Lucas, B., Spencer, E. & Claxton, G. (2012). How to Teach Vocational Education: A
theory of Vocational Pedagogy. London: City & Guilds Centre for Skills
Development.
Claxton, G., Lucas, B. & Webster, R. (2010). Bodies of Knowledge: How the Learning
Sciences Could Transform Practical and Vocational Education. Edge/Centre for
RealWorld Learning.
Article Metrics
Abstract has been read : 1057 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :