Pengaruh Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI) Terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan

Muhammad Hudan Rahmat, Sukardi Sukardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran TWI  terhadap  kompetensi  siswa  Sekolah  Menengah Kejuruan  (SMK).  Penelitian  ini tergolong penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest. Analisis data  menggunakan  statistik  nonparametrik  yaitu  uji  Mann  Whitney,  dikarenakan  tidak
terpenuhinya uji asumsi. Perhitungan skor n-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan kompetensi  siswa  setelah  proses  perlakuan.  Hasil  penelitian  ini  mennyimpulkan  adanya pengaruh  model pembelajaran  TWI  terhadap  pencapaian  kompetensi  siswa,  dan  diperoleh
rata-rata skor n-gain sebesar 0,3 (30%). Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi siswa  sebelum  dan  sesudah  perlakuan  model  pembelajaran  TWI  termasuk  dalam  kategori sedang.

Keywords


training within industry, kompetensi, kejuruan

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Earnest, J. & de Melo, F.E. (2001). Competency-Based Engineering Curricula – An

Innovative Approach. International Conference on Engineering Education, 6–10

Agustus 2001, Oslo, Norway.

Suarta, I Made. (2011). Hubungan Sistem Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Konsep

Diri dan Pengembangan Employability Skills Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan

Evaluasi Pendidikan. 16: 24-41.

Asplund, S.B., & Kilbrink, N. (2018). Learning How (and How Not) to Weld:

Vocational Learning in Technical Vocational Education. Scandinavian Journal of

Educational Research, 62(1):1-16.

Leonard, K., Noh, E. & Orey, M. (2010). Introduction to Emerging Perspectives on

Learning, Teaching, and Technology. Dalam M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives

on Learning, Teaching, and Technology (hlm.8-24). Zurich: Catherine Land.

Moedzakir, M.D. (2010). Metode Pembelajaran Program-Program Pendidikan Luar

Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Huntzinger, J. (2002). The Roots of Lean. Training within Industry: The Origin of

Kaizen. (Online), (www.trainingwithinindustry.net), diakses 20 Juni 2019.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Arafat, M.Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan dengan Menggunakan

Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI). Pedagogika: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 8(3):309-319.

Fadmadilla, D., Usmeldi, & Krismadinata. (2017). Penerapan Strategi Training Within

Industry Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik.

Invotek, 17(2): 21-26.

Hartoyo, T.H., Mardji, & Dardiri, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Training

Within Industry (TWI) dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Motivasi

serta Kesiapan Kerja Bidang Teknik Bubut Siswa SMK Kompetensi Keahlian

Teknik Pemesinan se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, 1(8): 1633-1639.

Arifandani, F., & Dorintan, N.F. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara

Pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan Konvensional pada Mata Diklat

Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kalianget. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik

Bangunan, 3(3): 158-164.

Suwandi. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi dan Bakat Mekanik

terhadap Pencapaian Kompetensi Mengelas Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan

Kejuruan, 33(1): 15-28.

Lucas, B., Spencer, E. & Claxton, G. (2012). How to Teach Vocational Education: A

theory of Vocational Pedagogy. London: City & Guilds Centre for Skills

Development.

Claxton, G., Lucas, B. & Webster, R. (2010). Bodies of Knowledge: How the Learning

Sciences Could Transform Practical and Vocational Education. Edge/Centre for

RealWorld Learning.


Article Metrics

Abstract has been read : 746 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats