Kajian Penerapan Blended Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi pada Matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Umi Kholifah

Abstract


Penyatuan matakuliah teori dan praktikum memunculkan beberapa masalah yaitu jam studi menjadi lebih singkat dan materi yang harus dimampatkan. Blended Project Based Learning yang diintegrasikan dengan kemampuan abad 21 (kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi) dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Blended Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi pada matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer ditinjau dari perolehan skor setiap indikator dan uji perbedaan dua kemampuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika UM angkatan 2017. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar frekuensi perolehan indikator komunikasi dan kolaborasi pada kelas B lebih tinggi daripada kelas C. Kelas B mendapatkan skor rata-rata kemampuan komunikasi sebesar 89,51 dan 91,30 untuk kolaborasi.

Keywords


Komunikasi, kolaborasi, Blended Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


ATC21S. (2013). Assessment & Teaching Of 21st Century Skills. Germany: Springer.

N. Pheeraphan. (2013) . Enhancement of the 21st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 103. (365–373).

M. C. Sahin. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 1, No. 1. (1464–1468).

P21. 2017. The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC: Partnership for 21st Century Skills.

Z. Arifin. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Theorems. Vol. 1, No. 2. (92–100).

Siti Zubaidah. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 2, No. 2. (1–17).

J. T. Elektro. 2014. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro.Malang: Universitas Negeri Malang

Husamah. 2015. Thinking skills for environmental sustainability perspective of new students of biology education department through blended project based learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 4, No. 2. (110–119).

H. Husamah. 2015. Blended Project Based Learning: Metacognitive Awareness of Biology Education New Students. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 9, No. 4. (274)

S. Pathmantara. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno. Vol. 26 No. 2. (100–107).

H. Sofyan. 2006. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Bidang Kejuruan,” Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 25, No. 2. (291–308).

N. W. Rati and N. Kusmaryatni. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No. 1.(60–71).

Y. Iriantara. 2014. Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikatif dan Edukatif di dalam Kelas. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

F. Lunenburg. 2010. Formal Communication Channels: Upward, Downward, Horizontal, and External. FOCUS on Colleges, Universities & Schools. Vol. 4, No. 1.(1–8).

J. Santrock. 2014. Child Development. 14th ed. New York: McGraw-Hill.

C. M. Adams. 2006. Promoting a Culture of Parent Collaboration and Trust.

I. Elfiky. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Hikmah.

U. Palangka and R. K. Tengah. 2017. KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM DUNIA PENDIDIKAN Yossita Wisman. NOMOSLECA. Vol. 3, No. 2. (646–654).

I. W. Redhana. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 3, No. 1. (2239–2253).

B. Andayani and U. G. Mada. 1999. Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Tertulis Melalui Pendekatan Perspektif. Psikologi. Vol. 1, No. 1. (41–50).

A. Wulan Sari. 2016. Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2, No. 1. (1–10).

W. Ning and D. Kumalaretna. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 6, No. 2. (195–205).

D. N. Wardani, A. J. Toenlioe, and A. Wedi. 2018. Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 1. (13–18).

Z. Zainuddin, C. Muftia Keumala, A. Room, and M. Wah. 2018. Blended Learning Method Within Indonesian Higher Education Institutions. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 6, No. 2. (69–77).


Article Metrics

Abstract has been read : 3926 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :