Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa buku digital (e-book) interaktif dalam bentuk flipbook untuk matakuliah Menggambar Teknik dan menguji kelayakan dari produk yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model Allesi & Trollip yang terdiri dari atas tiga prosedur utama, yakni: (a) planning, (b) design, dan (c) develop. Proses pengembangan buku digital menggunakan bantuan software Kvisoft FlipBook Maker Pro. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Pengujian kelayakan produk, dilakukan dengan tes alpha yang melibatkan ahli materi dan ahli media dan juga tes beta yang melibatkan 6 orang mahasiswa sebagai user. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis hasil pengujian kelayakan produk yang dilakukan oleh para ahli ataupun user. Hasil pengembangan dalam penelitian ini adalah buku digital interaktif matakuliah Menggambar Teknik dalam bentuk flipbook yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar khususnya bagi mahasiswa Teknik Mesin Unira Malang. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi menunjukkan bahwa produk buku digital dalam kategori sangat baik dengan skor nilai 4,46. Ditinjau dari aspek media, tingkat kelayakan produk termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,75. Sedangkan untuk tes beta yang melibatkan mahasiswa, tingkat kelayakan produk termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor nilai 4,44.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jerold E, Kemp. dan D.K, Dayton. (2009). Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publishers
Haris, D. (2011). Panduan Lengkap E-book. Yogyakarta : Cakrawala
Puspitasari, A & Rakhmawati, L. (2013). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 2 No. 2. (537-543).
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Gerlach & Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education
Ivers, K. S. & Ann E. B. (2002). Multimedia projects in education : designing, producing, and assessing. Second Edition. California : LIBRARIES UNLIMITED Teacher Ideas Press.
Heinich, R., Molenda, M., Russel, J.D., et al. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th Edition). New Jersey: Prentice Hall.
Vaughan, T. (2011). Multimedia: making it work (8th Edition). New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Alessi, S. M., & Trollip, S. P. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Sukardjo. (2008). Hand Out Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Kholifah, S., Hartanto, P. & Koerniawan, I. 2017. Pengembangan e-book dengan Software Flipbookmaker Untuk Pembelajaran Matakuliah Akuntansi Keuangan di STEKOM Semarang. Maksimum, Vol. 1, No.1. (24-32).
Article Metrics
Abstract has been read : 3147 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :