Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161Keywords:
multimedia pembelajaran, buku digital interaktif, flipbookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa buku digital (e-book) interaktif dalam bentuk flipbook untuk matakuliah Menggambar Teknik dan menguji kelayakan dari produk yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model Allesi & Trollip yang terdiri dari atas tiga prosedur utama, yakni: (a) planning, (b) design, dan (c) develop. Proses pengembangan buku digital menggunakan bantuan software Kvisoft FlipBook Maker Pro. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Pengujian kelayakan produk, dilakukan dengan tes alpha yang melibatkan ahli materi dan ahli media dan juga tes beta yang melibatkan 6 orang mahasiswa sebagai user. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis hasil pengujian kelayakan produk yang dilakukan oleh para ahli ataupun user. Hasil pengembangan dalam penelitian ini adalah buku digital interaktif matakuliah Menggambar Teknik dalam bentuk flipbook yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar khususnya bagi mahasiswa Teknik Mesin Unira Malang. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi menunjukkan bahwa produk buku digital dalam kategori sangat baik dengan skor nilai 4,46. Ditinjau dari aspek media, tingkat kelayakan produk termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,75. Sedangkan untuk tes beta yang melibatkan mahasiswa, tingkat kelayakan produk termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor nilai 4,44.
Downloads
References
Jerold E, Kemp. dan D.K, Dayton. (2009). Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publishers
Haris, D. (2011). Panduan Lengkap E-book. Yogyakarta : Cakrawala
Puspitasari, A & Rakhmawati, L. (2013). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 2 No. 2. (537-543).
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Gerlach & Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education
Ivers, K. S. & Ann E. B. (2002). Multimedia projects in education : designing, producing, and assessing. Second Edition. California : LIBRARIES UNLIMITED Teacher Ideas Press.
Heinich, R., Molenda, M., Russel, J.D., et al. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th Edition). New Jersey: Prentice Hall.
Vaughan, T. (2011). Multimedia: making it work (8th Edition). New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Alessi, S. M., & Trollip, S. P. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Sukardjo. (2008). Hand Out Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Kholifah, S., Hartanto, P. & Koerniawan, I. 2017. Pengembangan e-book dengan Software Flipbookmaker Untuk Pembelajaran Matakuliah Akuntansi Keuangan di STEKOM Semarang. Maksimum, Vol. 1, No.1. (24-32).
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.