PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI INSTALASI VIDEO GAME DI SMK GAMALIEL 1 MADIUN

Hendrik Pratama, Nunus Wijoseno

Abstract


Media pembelajaran visual yang secara umum di jumpai pada beberapa Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) adalah media pembelajaran yang hanya terdiri dari gambargambar, tulisan-tulisan, dan juga grafik-grafik. Media pembelajaran ini
banyak dijumpai berupa gambar-gambar di dinding, gambar- gambar di buku-buku LKS, dan lain sebagainya.Media visual seperti di sebutkan diatas belum mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, dimana justru dengan gambar-gambar itu siswa malah kebingungan didalam mencerna suatu materi pelajaran. Dan pada akhirnya pada saat dilakukan evaluasi berupa ulangan para siswa tidak mampu menjawab pertanyaan dengan baik. Kelemahan utama dari media pembelajaran visual diatas adalah belum mampu menggerakkan kemampuan psikomotorik dan kreatifitas siswa.Media pembelajaran Macromedia merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menggantikan beberapa media pembelajaran visual diatas, karena dengan media pembelajaran Macromedia ini, siswa dapat melihat sebuah gambar, tulisan, ataupun grafik dalam bentuk animasi gerak. Dengan animasi gerak inilah, kemampuan psikomotorik dan kreatifitas siswa akan dilatih, dan pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa


Keywords


Macromedia; Instalasi Instalasi Video Game; Prestasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 538 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v1i1.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :