Pengaruh Penerapan Trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistem Transmisi Tenaga Listrik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan trainer
pengoperasian SCADA (supervisory control and data acquisition) untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem transmisi tenaga listrik. Dalam
pembelajaran mata kuliah Sistem Transmisi Tenaga Listrik kurang adanya kolaborasi
penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam
mengikuti pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar
mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang
digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum
perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan
(posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory
Control and Data Acquisition). Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi untuk
mengukur motivasi belajar mahasiswa dan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa
dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian
terdapat 15 dari jumlah total 17 mahasiswa yang termotivasi terhadap pembelajaran dengan
menerapkan trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) dan
untuk hasil belajar menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
= 18,087 dan ttabel =
1,739 untuk db = 16 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis penelitian tes
hasil belajar terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari
penerapan trainer pengoperasian SCADA (supervisory control and data acquisition) untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem transmisi tenaga
listrik.
pengoperasian SCADA (supervisory control and data acquisition) untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem transmisi tenaga listrik. Dalam
pembelajaran mata kuliah Sistem Transmisi Tenaga Listrik kurang adanya kolaborasi
penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam
mengikuti pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar
mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang
digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum
perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan
(posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory
Control and Data Acquisition). Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi untuk
mengukur motivasi belajar mahasiswa dan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa
dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian
terdapat 15 dari jumlah total 17 mahasiswa yang termotivasi terhadap pembelajaran dengan
menerapkan trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) dan
untuk hasil belajar menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
= 18,087 dan ttabel =
1,739 untuk db = 16 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis penelitian tes
hasil belajar terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari
penerapan trainer pengoperasian SCADA (supervisory control and data acquisition) untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem transmisi tenaga
listrik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Budiyono, (2015). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UPT Penerbit dan Percetakan UNS
(UNS Press).
Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44
Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta..
Article Metrics
Abstract has been read : 264 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3335
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :