Pengaruh Penerapan Trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistem Transmisi Tenaga Listrik

Sukirno Sukirno

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penerapan  trainer
pengoperasian  SCADA  (supervisory  control  and  data  acquisition)  untuk  meningkatkan
motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem transmisi tenaga listrik. Dalam
pembelajaran  mata  kuliah  Sistem  Transmisi  Tenaga  Listrik  kurang  adanya  kolaborasi
penggunaan  media  pembelajaran  yang  efisien,  membuat  mahasiswa  kurang  aktif  dalam
mengikuti pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar
mahasiswa  menjadi  rendah.  Penelitian  ini  berbentuk  penelitian  kuantitatif.  Sampel  yang
digunakan  satu  kelas,  diambil  menggunakan  teknik  sampling  jenuh  dengan  kelas  sebelum
perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan
(posttest)  diajar  dengan  media  pembelajaran  trainer  Pengoperasian  SCADA  (Supervisory
Control and Data Acquisition). Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi untuk
mengukur  motivasi  belajar  mahasiswa  dan  metode  tes  untuk  data  hasil  belajar  mahasiswa
dengan  menggunakan  teknik  analisis  data  menggunakan  uji  t.  Berdasarkan  hasil  penelitian
terdapat  15  dari  jumlah total  17 mahasiswa  yang termotivasi terhadap  pembelajaran  dengan
menerapkan trainer Pengoperasian SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) dan
untuk hasil  belajar  menggunakan  uji  t  yang  menunjukkan bahwa  t
hitung
=  18,087  dan  ttabel  =
1,739 untuk db = 16 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis penelitian tes
hasil  belajar  terbukti  atau  diterima.  Simpulan  pada  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh  dari
penerapan  trainer  pengoperasian  SCADA  (supervisory  control  and  data  acquisition)  untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sistem transmisi tenaga
listrik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Budiyono, (2015). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UPT Penerbit dan Percetakan UNS

(UNS Press).

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44

Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta..


Article Metrics

Abstract has been read : 264 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :