Pengembangan Media Pembelajaran Smart Tester Berbasis Digital ATMega 32 pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran smart tester
berbasis digital ATMega32 pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran
mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang adanya kolaborasi penggunaan media
pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat
belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi rendah.
Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil
menggunakan teknik angket kelompok kecil dan angket kelompok besar. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan angket kelayakan. Tingkat kelayakan smart tester berbasis digital
ATMega32 sebagai media pembelajaran dengan hasil uji validasi pemakaian oleh ahli media
memperoleh persentase 87,67% sehingga dikategorikan sangat layak. Untuk uji pemakaian
kepada mahasiswa persentase yang didapatkan sebesar 81,42% sehingga dikatagorikan
sangat layak. Simpulan pada penelitian ini adalah hasil dari penelitian pengemban
berbasis digital ATMega32 pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran
mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang adanya kolaborasi penggunaan media
pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat
belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi rendah.
Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil
menggunakan teknik angket kelompok kecil dan angket kelompok besar. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan angket kelayakan. Tingkat kelayakan smart tester berbasis digital
ATMega32 sebagai media pembelajaran dengan hasil uji validasi pemakaian oleh ahli media
memperoleh persentase 87,67% sehingga dikategorikan sangat layak. Untuk uji pemakaian
kepada mahasiswa persentase yang didapatkan sebesar 81,42% sehingga dikatagorikan
sangat layak. Simpulan pada penelitian ini adalah hasil dari penelitian pengemban
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Riduwan & Sunarto. 2015. Statistikan Untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan
Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan
Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) 24-30.
(http//journal.unnes.ac.id, diunduh 25 juli 2017).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract has been read : 223 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :