Pengembangan Media Pembelajaran Smart Tester Berbasis Digital ATMega 32 pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika

Kukuh R

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  pengembangan  media  pembelajaran  smart  tester
berbasis  digital  ATMega32  pada mata kuliah  Rangkaian Elektronika.  Dalam  pembelajaran
mata  kuliah  Rangkaian  Elektronika  kurang  adanya  kolaborasi  penggunaan  media
pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat
belajar  mahasiswa  menjadi  kurang  sehingga  hasil  belajar  mahasiswa  menjadi  rendah.
Penelitian  ini  berbentuk  penelitian  kuantitatif.  Sampel  yang  digunakan  satu  kelas,  diambil
menggunakan  teknik  angket    kelompok  kecil  dan  angket  kelompok  besar.  Teknik
pengumpulan  data  menggunakan  metode  tes  untuk  data  hasil  belajar  mahasiswa.  Teknik
analisis data menggunakan angket kelayakan. Tingkat kelayakan smart tester berbasis digital
ATMega32 sebagai media pembelajaran dengan hasil uji validasi pemakaian oleh ahli media
memperoleh persentase 87,67% sehingga dikategorikan sangat layak. Untuk uji pemakaian
kepada  mahasiswa  persentase  yang  didapatkan  sebesar  81,42%  sehingga  dikatagorikan
sangat layak. Simpulan pada penelitian ini adalah hasil dari penelitian pengemban

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Riduwan & Sunarto. 2015. Statistikan Untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan

Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan

Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) 24-30.

(http//journal.unnes.ac.id, diunduh 25 juli 2017).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 6 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats