Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis IT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Elektronika Logika

Annas M

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Penerapan  Media  Pembelajaran
Gerbang Logika  Berbasis IT  Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa
Pada Mata Kuliah Elektronika Logika.. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel
yang  digunakan  satu  kelas,  diambil  menggunakan  teknik  sampling  jenuh  dengan  kelas
sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan  (posttest)  diajar  dengan  media  pembelajaran  gerbang  logika  berbasis  IT,  yaitu
macromedia  flash.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  metode  tes  dan  metode
dokumentasi untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Kriteria ujinya adalah jika nilai angket yang diisi lebih besar dari pada mean maka mahasiswa
tersebut masuk dalam kriteria termotivasi begitu juga sebaliknya, jika nilai angket yang diisi
oleh mahasiswa lebih kecil dari pada mean maka mahasiswa tersebut masuk dalam kriteria
tidak termotivasi. Dari hasil analisis tersebut terdapat 15 mahasiswa dan 2 mahasiswa yang
tidak termotivasi.  Uji hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan uji-t terhadap nilai hasil
belajar  pada  sebelum  perlakuan  (pretest)  dan  sesudah  perlakuan  (posttest)  dengan
menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Kriteria ujinya adalah sebagai berikut ini H0
diterima / H1 ditolak jika thitung< ttabel dan H0 ditolak/H1 diterima jika thitung > ttabel. Dari hasil
analisis uji hipotesis diperoleh thitung = 12,33 dan ttabel = 1,746 Karena thitung > ttabel. Berdasarkan
uji hipotesis yang diperoleh thitung (12,33) > ttabel (1,746) maka H0 ditolak.


Full Text:

PDF

References


Syaiful & Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Robertus & Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo.

Siregar & Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Baharudin & Wahyuni. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA

GROUP.

Aunurrahman. (2012 ). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sadiman dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta : RAJAWALI PERS.

Ibrahim .(1996). Teknik Digital. Yogyakarta : ANDI.

Hamzah & Nina. (2010). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembalajaran. Jakarta : PT Bumi

Aksara.

Fauzi . (2008). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Teknologi Informasi. 2005 https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

Madcoms. (2007). Macromedia Flash Pro 8. Yogyakarta: ANDI.

Rahman dkk. (2008). Optimasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis

Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi

Informasi dan Komunikasi. Volume 1, Nomor 2.

(http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196601011991031-

WAWAN_SETIAWAN/12._Optimalisasi_Flash.pdf) diunduh pada 14 Agustus 2017.

Fathurrohman dan Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika

Aditama.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Muslich. (2011). Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung : PT Refika Aditama.

Sudijono. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 11 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats