Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran trainer elektronika terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah
Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang
adanya kolaborasi penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang
aktif dalam pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil
belajar mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel
yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas
sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer elektronika. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
=
10,86 dan t
tabel
= 1,761 untuk db = 14 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga
hipotesis penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh
dari penggunaan media pembelajaran trainer elektronika terhadap hasil belajar mahasiswa
pada mata kuliah Rangkaian Elektronika.
pembelajaran trainer elektronika terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah
Rangkaian Elektronika. Dalam pembelajaran mata kuliah Rangkaian Elektronika kurang
adanya kolaborasi penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang
aktif dalam pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil
belajar mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel
yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas
sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer elektronika. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
=
10,86 dan t
tabel
= 1,761 untuk db = 14 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga
hipotesis penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh
dari penggunaan media pembelajaran trainer elektronika terhadap hasil belajar mahasiswa
pada mata kuliah Rangkaian Elektronika.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Mulyasa. (2015). Pengembangan Dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 44 Th.
Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract has been read : 322 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :