Pengembangan Trainer KIT Sensor Berbasis ATMEGA32 Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Sensor dan Tranduser

Chandra A R

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan  Trainer kit sensor Berbasis
Atmega32  Sebagai  Media  Pembelajaran.  Dalam  pembelajaran  mata  kuliah  sensor  dan
transduser  kurang  adanya  media  trainer  di  laboratorium  praktikum  Pendidikan  Teknik
Elektro, membuat mahasiswa kurang aktif dan jenuh dalam pembelajaran serta minat belajar
mahasiswa  menjadi  berkurang.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  Research  and
Development  (R&D)  dengan  metode  ADDIE  yang  meliputi:  (1)  Analysis  (Analisis),  (2)
Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5)
Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Universitas PGRI Madiun. Subyek penelitian adalah satu kelas mahasiswa semester 4 yang
berjumlah  11  orang  dan  obyek  penelitian  adalah  media  pembelajaran  trainer  kit  sensor.
Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan lima pilihan jawaban untuk
ahli  media  dan  mahasiswa.  Media  pembelajaran  ini  divalidasi  oleh  2  ahli  media
pembelajaran. Berdasarkan hasil unjuk kerja dari trainer diketahui bahwa rangkaian yang ada
dapat  bekerja  dengan  baik.  Sedangkan hasil  kelayakan media  pembelajaran  ditinjau  dari  2
ahli  media  mendapatkan  skor  persentase  82,33%  dan  dikategorikan  “sangat  layak”.  Uji
pemakaian dinilai berdasarkan angket yang di isi oleh 11 orang mahasiswa dan hasil dari uji
pemakaian ini mendapatkan skor 83,68% dan dikategorikan “sangat layak”.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Riduwan & Sunarto. 2015. Statistikan Untuk Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan

Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan

Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1) 24-30.

(http//journal.unnes.ac.id, diunduh 25 juli 2017).


Article Metrics

Abstract has been read : 9 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats