Pengaruh Media Pembelajaran Website Tinkercad Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik

Chusnul Khotimah, Sulistyaning Kartikawati, Denny Hardiyanto

Abstract


Pemilihan media pembelajaran yang tepat tentunya bermanfaat untuk keberhasilan pembelajaran, hal ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa denganbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran website Tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik, dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan one shot case study design. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 2 Pendidikan Teknik Elektro dengan jumlah sampel 14 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa praktik dengan acuan jobsheet dan penilaian psikomotorik yang dilakukan saat mahasiswa melakukan praktik, kemudian analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh media pembelajaran website Tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa dengan thitung -11,181 dan ttabel 2,160 dan signifikasi 0,000 (signifikansi <0,05).


Keywords


media pembelajaran; websiteTinkercad; psikomotorik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 6 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v9i1.19523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :