PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS E-BOOK PADA MATERI RANGKAIAN INDUKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Arifah Budiarti, Jeffry Handhika, Sulistyaning Kartikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning dengan pendekatan scientific  berbasise-book interaktif pada materi Rangkaian Induktor terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakansatu kelas, diambil menggunakan metode Scientificdengan dengan penerapan media pembelajaran yaitu salah satunya E-book. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran e-book. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tulispilihanganda untuk data hasil belajar mahasiswa.Teknikanalisis data menggunakan korelasi product moment. Teknik analisis data menggunakan ujikorelasi product moment.Hasil uji hipotesis bahwa rxy hitung sebesar 0,951dan rxy tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,444. Ini berarti rxy hitung >rxytabel, sehingga  Ha : 𝜇1 = 𝜇2 maka Ho ditolak (Ha diterima) Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapanmedia pembelajaran E-book dengan pendekatan scientific untukmeningkatkanhasilbelajar siswa pada mata pelajaran Rangkaian Induktor.

Keywords


Discovery Learning, Scientific, E-book, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baharuddin & Wahyuni, E, N. (2007).Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Hanafiah, N & Suhana, C. (2012).Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ine, M, E. (2015). Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Universitas Negeri Surabaya, diunduh pada2 Maret 2017.

Koriaty, S & Manggala, E. (2016).Penerapan Media E-book Terhadap MinatBelajar Siswa Di Kelas X Jurusan TKJ

SMK Negeri 4 Pontianak, diunduh pada 25 Maret 2017

Majid, & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2011).Penilaian Berbasis Kelas dan Komputer. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mundir. (2013). Statistik Pendidikan. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Poerwati, L, E & Amri, S. (2013).Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sadiman dkk.(2011).Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Siregar, E & Nara, H. (2011).Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, S. (2014).StatistikParametrikuntukPenelitianKuantitatif. Jakarta: BumiAksara.

Sudijono, A. (2009).Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono.(2008).Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryani, N & Agung, L. (2012).Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Tumurun, S, W. dkk.(2016).Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Program Studi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang

Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget

Widodo, S. 2013.Dasar dan Pengukuran Listrik.Kementrian Pendidikan Dan Budaya.

Yudistiya, S. (2014). Pengembangan Media E-book Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMA Negeri 2 padang panjang


Article Metrics

Abstract has been read : 133 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats