PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI BERBANTUKAN PCB SEDERHANA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Andri Desy Astuti, Jeffry Handhika, Sulistyaning Kartikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran eksperimen dan demontrasi berbantukan PCB sederhana terhadap hasil belajar siswa; 2) adakah perbedaan pengaruh antara kreativitas kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran eksperimen dan demonstrasi berbantukan PCB sederhana ;3) adakah interaksi antara metode pembelajaran eksperimen, demonstrasi berbantukan PCB sederhana dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dua kelas, diambil menggunakan teknik sample random sampling dengan kelas eksperimen pertama diajar dengan metode pembelajaran eksperimen dan kelas eksperimen kedua diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi untuk data kreativitas dan data hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik siswa. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan matriks 2x2 dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe.

Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi (α) = 5% menunjukkan bahwa: 1) Fobs > Fα (4,004 > 4,02) maka H0A ditolak, sehingga terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran eksperimen dan demonstrasi berbantukan PCB Sederhana terhadap hasil belajar siswa; 2) Fobs > Fα (25,29514 > 12,0389) maka H0A ditolak, sehingga terdapat perbedaan pengaruh antara kreativitas kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran eksperimen dan demonstrasi berbantukan PCB Sederhana; 3) Fobs > Fα (0,2329 > 4,02) maka H0B diterima, sehingga tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran eksperimen, demonstrasi berbantukan PCB Sederhana dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Eksperimen, Demonstrasi, Kreativitas Berfikir, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Baihaqi, MIF. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Handika, J. (2010). Pembelajaran Fisika Melalui Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Aktivitas dan Perhatian Mahasiswa. JP2F. (https://scholar.google.co.id, diunduh pada 02 Mei 2017)

Muslich, M. (2011). Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama

Parmono, Sunarno, W., dan Suparmi. (2013). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan CTL melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Kreativitas dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 2 (1), 33-42. (https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains, diunduh pada 02 Mei 2017)

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sartika, S. B. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pedagogia, 1 (2), 189-211. (https://ojs.umsida.ac.id, 20 Maret 2017)

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Suryani, N., dan Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrok, J. W. (2014). Psikilogi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ula, S. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Maguwoharjo: Ar-Ruzz MediaDaftar Pustaka


Article Metrics

Abstract has been read : 59 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats