PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK

Anggi Tandya Aisya Yori, Purwandari -, Sulistyaning Kartikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Dalam pembelajaran mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik kurang adanya kolaborasi penggunaan media dan metode pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi rendah.

       Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji t.

       Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung = 12,93 dan ttabel = 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari penerapan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik.

Keywords


Macromedia flash, Problem Solving, Hasil Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Muhson, A. (2007). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Statistika Lanjut. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. (diakses13 Mei 2017)

Suryani, N & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utama, N.P & Nilawati. (2012). Penggunaan Macromedia flash 8 Pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 51-59. ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1171/863, diunduh 25 Mei 2017)


Article Metrics

Abstract has been read : 77 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats