Pengaruh Media Pembelajaran Panel Box Listrik Terhadap Keterampilan Instalasi Listrik

Bagus Bambang Irawan, Anas Kautsar Ramadhani

Abstract


Mata pelajaran instalasi penerangan listrik merupakan salah satu mata pelajaran kompetensi keahlian bagi siswa yang menempuh kompotensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dibutuhkan media pembelajaran praktik yang dapat menyerupai peralatan asli di bidang instalasi. Media pembelajaran panel box listrik dibuat untuk mempermudah proses belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Panel box listrik dapat memudahkan dalam pengoperasian mesin-mesin listrik dan sebagai indikator mesin ketika mesin itu beroperasi maupun sedang beroperasi. Dalam panel box terdapat berbagai proses yang dapat dipelajari oleh siswa.  Mata pelajaran instalasi penerangan listrik merupakan mata pelajaran wajib di SMK Ar-Rohman Tegalrejo dan SMK YP 17-1 Madiun. Pengaruh penggunaan media panel box listrik akan diteliti pada kedua sekolah tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI total berjumlah 20 siswa dengan komposisi 10 dari tiap sekolah. Instrumen yang digunakan 10 soal uraian yang telah diuji sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan siswa SMK Ar-Rohman Tegalrejo dapat menyelesaikan soal praktik dengan baik karena menggunakan media panel box. Pengaruh positif terhadap keterampilan instalasi listrik ditunjukkan siswa pengguna media panel box. Keterbatasan pada penelitian ini adalah belum adanya buku petunjuk atau manual book untuk penggunaan panel box.


Keywords


Panel box listrik, keterampilan instalasi listrik, media pembelajarn

Full Text:

PDF

References


Ansori, Z. M., Anifah, L., Buditjahjanto, I. G. P. A., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan Trainer Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno pada Mata Pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI TEI di SMKN 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 69–78. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p69-78

Arumsari, D. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 13. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586

Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556

Cahyadi, R. B. (2014). Pengembangan Trainer Instalasi Penerangan Sebagai Media Pembelajaran Instalasi Listrik Program Keterampilan Elektronika Di MAN Kendal. Edu Elektrika Journal, 3(2), 1–8.

Gargita, W., Adiarta, A., & Pracasitaram, S. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik Portable Berbasis Automatic Control Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undhiksa. JPTE : Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(1), 36–47.

Hambali, H., Astrid, E., Hendri, H., & Islami, S. (2020). Penyuluhan dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga bagi Masyarakat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 98. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107664

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198–214.

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu, 8(1).

Prastyaningrum, I., Ardi, P., & Pratama, F. Y. D. (2023). Analisis Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. 4.

Rifai, A. (2014). Buku Pintar Mengatasi Listrik Di Rumah Cet. 1. Gema Buku Nusantara.

Sanjaya, H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik dan Video Tutorial Instalasi Listrik dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i2.20220

Setiawan, A. L., & Yuniarti, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Trianer Kit Sistem Pengendali Elektromagnetik. Prodi Pendidikan Teknik Elektro, 7(4), 265–272.

Supegina, F., & Setiawan, E. J. (2017). Rancang Bangun IOT Temperature Controller untuk Enclosure BTS Berbasis Microcontroller Wemos dan Android. Jurnal Teknologi Elektro, 8(2).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113


Article Metrics

Abstract has been read : 165 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v8i2.17904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :