Penggunaan Trainer Arduino Nano sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran

Hanif ADDIN KUS’ILMAN Addin Kus'ilman, Prabakti Endramawan, Ihtiari Prastyaningrum

Abstract


Pembelajaran pada mata kuliah dasar pemrograman menggunakan Arduino dan kelengkapan lain seperti led, push button, potensiometer ,seven segment dan berbagai sensor secara terpisah. Kendala yang kerap dihadapi adalah kelengkapan kecil seperti led atau push nutton tercecer sehingga ketika praktikum sulit ditemukan. Trainer arduino nano dirancang untuk menanggulangi kendala tersebut. Komponen yang dibutuhkan terintegrasi dalam satu alat yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations (ADDIE). Pada tahapan produksi terdapat proses uji kelayakan yang dilakukan oleh tiga ahli. Hasil uji tiga ahli tersebut menunjukkan bahwa aspek komponen: 66%, penggunaan: 63%, desain alat: 70%, kejelasan : 63%. Setelah dilakukan revisi besar sesuai dengan saran ahli kemudian diuji cobakan pada mahasiswa dan mendapatkan hasil 87,7%. Trainer arduino nano dinilai siswa dapat membantu pembelajaran pada mata kuliah dasar Pemrograman. 


Keywords


Arduino nano, trainer, IDE

Full Text:

PDF

References


Andayani, M., Indrasari, W., & Iswanto, Bambang. H. (2016). Kalibrasi Sensor Ultrasonik HC-SR04 Sebagai Sensor Pendeteksi Jarak Pada Prototipe Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir. Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF2016 UNJ, V, SNF2016-CIP-43-SNF2016-CIP-46. https://doi.org/10.21009/0305020109

Ansori, Z. M., Anifah, L., Buditjahjanto, I. G. P. A., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan Trainer Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Arduino Uno pada Mata Pelajaran Teknik Pemograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI TEI di SMKN 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 69–78. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p69-78

Astrawan, G. B., Adiarta, A., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Trainer Sensor Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Mikrokontroler. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 223–231.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kurnianto, A. Y., & Musyahar, G. (2020). Rancang Bangun Trainer Media Pembelajaran Arduino Uno Di SMK Dwija Paraja Pekalongan. 5(1), 10–20.

L. Purnamasari, N. (n.d.). Metode ADDIE pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal PENA, 5(1), 23–31.

Puspasari, F.-, Fahrurrozi, I.-, Satya, T. P., Setyawan, G.-, Al Fauzan, M. R., & Admoko, E. M. D. (2019). Sensor Ultrasonik HCSR04 Berbasis Arduino Due Untuk Sistem Monitoring Ketinggian. Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 15(2), 36. https://doi.org/10.12962/j24604682.v15i2.4393

Rochayati, U., & Suprapto. (2014). Keefektifan Trainer Digital Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Kependidikan, 44(2), 127–138.

Saraswati, T. D. (2018). The Development of Microcontroller Arduino Uno R3’s Trainer Device for Student Grade XI of Audio Video Engineering In SMK Ma’arif Salam. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, 7(2), 107–115.

Septiananda, S. N., Imron, I. F., & Basori, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPS Materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas IV SDN Gayam 3. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 397–404.

Simanjuntak, K., & Sitorus, P. (2021). PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 86. https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29251

Sriadhi, S., Waluyo, B. D., & Simanjuntak, K. (2021). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Berbasis Arduino Nano pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMKN 1 Lubuk Pakam. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22626

Subagyo, L. A., & Suprianto, B. (2017). Sistem Monitoring Arus Tidak Seimbang 3 Fasa Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro, 06(03), 213–221.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Suwandi, I. (2019). Penggunaan Trainer Arduino pada Mata Kuliah Pemrograman Terstruktur Di AMIK Lamappapoleonro Soppeng. Creating Connection to Strength 4th Industrial Revolution. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Winarno, I., Barakbah, A., Pramadihanto, D., Sesulihatien, W. T., Harsono, T., Dewantara, B. S. B., Setiawardhana, S., Fariza, A., Syarif, I., Badriyah, T., Iskandariansyah, I., & Susanti, P. (2022). Embedded system training based on Arduino to improve software programming knowledge for vocational students. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(4), 748–758. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i4.8039


Article Metrics

Abstract has been read : 169 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v8i2.17873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :