Prototype Solar AC Water Pump untuk PV Cleaning PLTS 32 KWP

Siti Dyah Ayu Febriani

Abstract


PVcleaning merupakan hal yang penting untuk menjaga performa dan efisiensi dari panel surya. Sistem pembersihan panel surya dapat dibangun dengan sistem manual atau otomatis. Penelitian berlangsung di PT.Wijaya Karya Industri Energi di Kab.Bogor dengan PLTS On-Grid 32kWp yang konfigurasi on-grid. Tujuan dari penelitian di PT.Wijaya Karya Industri adalah merancang dan membangun sistem pembersihan panel surya guna menjaga efisiensi panel surya. Metode yang digunakan adalah studi eksperimental dimulai dari perancangan sistem hingga pengambilan data yang bertujuan untuk membersihkan permukaan panel surya atau fotovoltaik yang berada di rooftop. Pengambilan data tentang panel surya yang bekerja sebagai sumber listrik dan pompa air sebagai pendorong air untuk membersihkan permukaan fotovoltaik. Hasil penelitian dengan memanfaatkan sisa daya panel surya on-grid dan menggunakan beban pompa sebesar 200 watt. Efisiensi panel surya senilai 15,55% dan pompa air memiliki efisiensi sebesar 73,51% selama 5 hari penelitian. Debit air didapatkan dengan rata-rata 0,47 liter/detik. Sistem pembersihan dapat dilaksanakan 1-2 kali per 1 minggu hari kerja

Full Text:

PDF

References


Amanda G. 2019. Perbandingan Penggunaan Motor DC Dengan Motor AC sebagai Penggerak Pompa Air

Chandel SS, Naik MN, Chandel R. 2015. Review of Solar Photovoltaic water pumping system technology for irrigation and community drinking water supplies. Renewable and Sustainable Energy Reviews 49, 1084-1099.

Dida M, Boughali S, Bechki D. 2020. Output Power Loss of Crystalline Silicon Photovoltaic Modules due to Dust Accumulation in Saharan Environment. Renew. Sustain Energy Rev., Vol.24, 1-13.

Iqtimal Z, Sara ID, Syahrizal. 2018. Aplikasi Sistem Tenaga Surya sebagai Sumber Tenaga Listrik Pompa Air. Jurnal Teknik Elektro Vol.3 No.1

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. 2017. Panduan Pengoperasian dan Pemeliharaan PLTS Off-Grid. Jakarta: Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi.

Lauret P, David M, Pinson P. 2019. Verification of Solar Irradiance Probabilistic Forecasts. Elsevier Vol. 194, 254-271

Vergara JR, Bosman LB, Wollega E, Leon-Salas WD. 2022. Review of Forecasting Methods to Support Photovoltaic Predictive Maintenance. Elvesier.

Wahid A, Junaidi, Arsyad. 2014. Analisis Kapasitas dan Kebutuhan Daya Listrik Untuk Menghemat Penggunaan Energi Listrik di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.


Article Metrics

Abstract has been read : 72 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v8i2.17745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :