Simple Sanitation Technology (SST) with Zeosi Carbon Skin Coconut Sebagai Solusi Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Berbasis Rumah Tangga

Handoko Endro Seputro, Muhammad Wahid Rohman

Abstract


Air merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Kebutuhan manusia akan air terutama untuk keperluan sehari-hari, misalnya mandi, minum dan mencuci. Untuk pemenuhan kebutuhan tersebut manusia memerlukan pasokan air bersih yang cukup. Namun pada kenyataannya saat ini pasokan air bersih belum bisa mencukupi. Berdasarkan kenyataan tersebut maka diperlukan usaha riil untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah pembuatan sistem sanitasi air. Sanitasi air merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga ketersedianan air bersih, guna terciptanya lingkungan dan masyarakat yang sehat. Oleh karena itu untuk mewujudkan sanitasi total berbasis masyarakat, kampanye tentang kesadaran dan pentingnya sanitasi perlu di sebarluaskan. Sistem sasanitasi dengan basis teknologi tepat guna sangatlah diperlukan guna membantu menyelesaikan masalah kebutuhan air bersih. Salah satu sistem sanitasi dengan teknologi tepat guna yang dapat dikembangkan adalah SST dengan ZEOSI Carbon Skin Coconut. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat mengoptimalkan pengolahan sanitasi air  yangbersumber dari limbah air rumah tangga seperti air bekas mandi dan cucian. Dengan pembuatan Simple Sanitation Technology (SST) With Zeosi Carbon Skin Coconut  diharapkan mampu untuk membantu permasalahan pemenuhan air bersih di semua lapisan masyarakat terutama didaerah bencana, daerah kumuh dan 3T.


Keywords


Air,Rumah Tangga, Sanitasi, SST.

Full Text:

PDF

References


Effendi, H. (2003). Telaah kualitas air, bagi pengelolaan sumber dayadan lingkungan perairan. Kanisius.

Kesehatan, D., & RI, K. K. (2013). Riset kesehatan dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Utami, W., TF, M. A., Fadholi, I., & Hartono, G. R. (2010). Efisiensi Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Sistem Sanitasi Air Limbah yang Mobile dan Ramah Lingkungan.

Putra, S. U. G. I. L. I., Rantjono, S. U. R. Y. O., & Arifiansyah, T. (2009). Optimasi Tawas dan Kapur untuk Koagulasi Air Keruh dengan Penanda I-131. Seminar Nasional V (Vol.1).

Ramadhani, S., Sutanhaji, A. T., & Widiatmono, B. R. (2013). Perbandingan Efektivitas Tepung Biji Kelor (Moringa oleifera Lamk), Poly Aluminium Chloride (PAC), dan Tawas sebagai Koagulan untuk Air Jernih. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropisdan Biosistem, 1(3),186-193.

Yudha, A. P. (2009). Efektifitas Penambahan Zeolit Terhadap Kinerja Filter Air Dalam Sistem Resirkulasi Pada Pemeliharaan Ikan Arwana Sceleropages Formosus Di Akuarium.

Putra, S. U. G. I. L. I., Rantjono, S. U. R. Y. O., & Arifiansyah, T. (2009). Optimasi Tawas dan Kapur Untuk Koagulasi Air Keruh dengan Penanda I-131. In Seminar Nasional V (Vol. 1).

Said, N. I. (2011). Metoda Penghilangan Zat Besi dan Mangan di dalam Penyediaan Air Minum Domestik. Jurnal Air Indonesia, Vol 1. No. 3.


Article Metrics

Abstract has been read : 985 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i1.1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :