Pengembangan Media Pembelajaran Robot Transporter Pada Mata Kuliah Elektromekanik S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun

Pramudya Ardi, Munoto Munoto, Asto Buditjahjanto

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan untuk:   1)   mengetahui   validitas   media pembelajaran yang dikembangkan berupa media  pembelajaran  kit  Robot Transporter, 2) mengetahui respon mahasiswa  selama  penerapan media  pembelajaran yang dikembangkan, 3) mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah penerapan  media  pembelajaran   yang  dikembangkan,   4)   mengetahui keterlaksanaan  media  pembelajaran  yang  dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Untuk uji  coba  produk menggunakan  one  group  pretest-posttest  design  yaitu  membandingkan   nilai pretest dan posttest. Nilai pretest diperoleh sebelum pembelajaran dengan menggunakan  robot transporter  dan nilai  posttest diperoleh  setelah   pembelajaran. Dalam penelitian ini diperoleh data  hasil  validasi  media  pembelajaran  sebesar 88,67% dan dikategorikan sangat layak  untuk  digunakan.  Untuk  hasil validasi butir soal diperoleh skor 86,62% dan dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Sedangankan untuk  tes  hasil  belajar  diperoleh  nilai  rata-rata  pretest 35,63 dan 85  untuk  nilai  rata-rata  posttest.  Hasil  respon  mahasiswa  terhadap media –robot transporter diperoleh skor rata-rata sebesar 88% dan dikategorikan sangat baik maka media robot transporter layak digunakan  dalam  proses pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukan hasil skor 4,6 dan masuk dalam  kategori  sangat baik,  sehingga media  robot  transporter  dalam  proses kegiatan  belajar  mengajar  bisa  terlaksana  dengan baik.


Keywords


Media Pembelajaran, Robot Transporter, Elektromekanik

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi pustakarya.

Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R., 2011. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York : David Company.

Azwar, Saifudin. 2012. Kreatif mengembangkan Media pembelajaran. Jakarta : Referensi

Ratumanan, T.G., Laurens, T., 2003 Evaluasi Hasil Belajar yang relevan dengan kurikulum Berbasis kompetensi. Surabaya : Unesa University Press.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk GuruKaryawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan prinsip dan operasionalnya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Trianto.2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Thiagarajan, dkk. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of

Exceptional Children.Indiana. Indiana University


Article Metrics

Abstract has been read : 714 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v2i1.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :