Analisis Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Melalui Kegiatan Magang Industri di CV. Duta Cipta Electrindo (Samsung Service Center Madiun)

Muhammad Mei Mei Fajar Nurokhim Arifki, Defit Prasetyo, Ferza Rizky Prastya

Abstract


Penilaian pembelajaran mencakup tiga aspek kemampuan peserta didik, yakni kemampuan kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Kemampuan kongnitif, afektif dan psikomotorik dapat diperoleh dari pembelajaran dikelas namun untuk memaksimalkan kemampuan psikomotorik maka perlu melakukan pembelajaran tambahan dan terjun langsung di lapangan. Kegiatan magang di industri menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Untuk mengetahui efektifitas dari kegiatan tersebut perlunya dilakukan penilaian psikomotorik. Berdasarkan uraian tersebut maka diperlukan penelitian tentang analisis kemampuan psikomotorik mahasiswa melalui kegiatan magang industri di CV. Duta Cipta Electrindo (Samsung Service Center Madiun). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mahasiswa menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata kemampuan psikomotorik mahasiswa adalah 78.42%. Sebanyak 3 aspek penilaian mendapatkan kategori baik, 1 aspek penilaian dengan kategori sangat baik dan 1 aspek penilaian mendapatkan kategori cukup baik.


Keywords


Analisis, Kemampuan Psikomotorik, Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atrisman. (2015). Analisis Kemampuan Psikomotorik Dalam Praktikum Biokimia Percobaan Lipid Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Skripsi: Tidak Diterbitkan.

Dahniar, N. (2006). Pertumbuhan Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Observasi Gejala Fisis pada Siswa SMP. (Online).(http://jurnalipi.fiks.word press.com.20070902.nanidahniar. pdf.

Djazari, M. dan Endra, M. (2012). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau dari IPK D3 dan Asal Perguruan Tinggi. Vol. IX. No: 2-tahun 2011.

Juparyatna, E. (2014). Pengaruh Implementasi Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dalam Praktikum Percobaan Pembuatan BaSO4 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Skripsi: Tidak Diterbitkan.

Syahbani. (2008). Deskripsi Kemampuan Menggunakan Alat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pontianak dalam Praktikum Kimia. Skripsi: Universitas Tanjungpura.

Sudijono, A. (2009). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 357 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v8i1.16055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :