Kajian Transferable skills Guru Produktif Ditinjau dari Pengalaman Mengajar

Seno Isbiyantoro

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap  transferable skills pada guru produktif. Yang dimaksud sebagai  transferable skills adalah keterampilan memecahkan masalah, berkomunikasi, berpikir dan menunjukkan kepemimpinan,  baik berupa pengetahuan, nilai-nilai maupun sosial yang dapat di transfer dalam berbagai lingkungan kerja dan lingkungan belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto. Dalam penelitian ini menggunakan 137 sampel guru produktif program studi Teknik Komputer dan Informasi di kota dan kabupaten Malang serta kota Batu. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier, dan analisis korelasi parsial. Nilai signifikansi pada uji F adalah sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, sehingga diperoleh hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi variabel pengalaman mengajar memiliki pengaruh terhadap transferable skills.


Keywords


Pengalaman belajar, transferable skills, guru produktif.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 484 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v6i2.10524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :