Implementasi Trainer High Pass Fillter (HPF) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Yussi Anggraini

Abstract


Pencapaian prestasi belajar mahasiswa banyak ditentukan oleh berbagai faktor seperti media pembelajaran yang digunakan. Peran media belajar sungguh memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan memberi perlakuan media belajar trainer HPF dengan tanpa media belajar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa teknik elektro. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dalam penelitian ini subjek diberi perlakuan dengan media trainer kemudian diambil nilai post test, sedangkan nilai pre test dilihat dari mahasiswa mengerjakan tugas secara manual tanpa bantuan media trainer. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara pembelajaran menggunakan media trainer dengan tanpa media belajar. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh hasil yaitu nilai uji t yang diperoleh 8,414 maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran trainer HPF lebih efektif dibandingkan dengan tanpa media pembelajaran. Kelompok yang diberikan perlakuan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,29 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 42,35 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Keywords


Media pembelajaran, Hasil Belajar, High pass filter

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 388 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v6i2.10523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :