Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Berbasis Software Electrical Control Techniques Simulator dengan Model Problem Based Learning Secara Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
Abstract
Dalam penelitian hal ini hanya memfokuskan pada penggunaan media dan model pembelajaran pada mata kuliah elektromekanik secara daring yang bersifat praktikum dirasa kurang tepat sedangkan mahasiswa masih pasif sehingga dikelas mahasiswa tidak memperhatikan saat diberikan materi oleh dosen masih banyak mahasiswa yang terkadang sulit memahami materi yang bersifat praktikum. Oleh karena itu peneliti akan merepkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media pembelajaran berbasis software EKTS ditinjau dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis software EKTS dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan satu kelas sebagai sampel didapatkan menggunakan teknik sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes soal uraian kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu The One Grup Pretest-Posstest Desaign dan menggunakan uji hipotesis uji t. hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi sebesar 5% memperlihatkan bahwa : Tthitung 4,5005 > 1,894 Ttabel H1 diterima,artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis software EKTS ( Electrical Control Techniques Simulator) dengan model problem based learning secara daring terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 337 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v6i2.10518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :