PELATIHAN PERBANKAN SYARIAH BAGI GURU-GURU SMK

Sudjarno Eko Supriyono, Sholikha Oktavi Khalifaturofi'ah

Abstract


Abstract. One of the problems in education is the availability of human resources who understand and are qualified in their fields, especially in the field of Islamic banking. In this case it is not just a theory that must be understood by a teacher but also the operations of Sharia banking and the contracts contained in Sharia banking. The purpose of this activity is to provide training on Islamic banking operations. The training was attended by SMK N 10 Surabaya and SMK Prapanca. The method used is 1) providing theoretical and practical knowledge about sharia banking operations 2) assistance in sharia banking operational roleplaying. The results of this activity are: First, all participants of this training activity are very enthusiastic, enthusiastic, and highly motivated to participate in the implementation of Islamic banking operational training activities. Second, the total number of participants in the training was 60% of all participants.

 

Abstrak. Salah Satu Masalah Dalam Pendidikan Adalah Ketersediaan Sdm Yang Memahami Dan Mumpuni Dalam Bidangnya, khususnya bidang perbankan syariah. Dalam hal ini tidak hanya sekedar teori saja yang harus dipahami oleh seorang pengajar melainkan juga operasional perbankan syariah dan akad-akad yang terdapat pada perbankan Syariah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang operasional perbankan syariah. Pelatihan ini diikuti oleh para guru SMK Surabaya yaitu SMK N 10 Surabaya dan SMK Prapanca. Metode yang digunakan adalah 1) pemberian pengetahuan teoritis dan praktis tentang operasional perbankan syariah 2) pendampingan dalam roleplay operasional perbankan syariah. Hasil kegiatan ini adalah : Pertama, semua peserta kegiatan pelatihan ini sangat antusias, bersemangat, dan mempunyai motivasi yang tinggi mengikuti pelaksanaan kegiatan pelatihan operasional perbankan syariah. Kedua, peserta kegiatan yang mengikuti pelatihan secara keseluruhan adalah 60% dari semua peserta pelatihan.

 


Keywords


Training; Islamic Banking Operations; SMK; Pelatihan; Operasional perbankan syariah

Full Text:

PDF

References


Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan

Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi

Raya, Fitri. 2020. Keuangan Syariah & Realitas Masyarakat:Babak Baru Sistem Perbankan Syariah di Indonesia. Az-Zarqa’ : Jurnal Hukum Bisnis Islam. Vol 12 No.1 Juli 2020. Hal 119-140

Rosyid, M., Saidiah, H. 2016. Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri dan Guru. Islaminomic Vol 7 No.2. Agustus 2016. Hal 37-45.

Salman, Kautsar Riza. 2012. Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis PSAK Syariah. Padang: Akademia.

Yahya, Rizal. 2013. Akuntansi Perbankan Syariah Teori dan Praktek Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.


Article Metrics

Abstract has been read : 337 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v6i1.6024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats