PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI PERKALIAN BAGI SISWA SD KELAS II SDN 42 PALEMBANG

Authors

  • Lisnani Lisnani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Adrianus Danang Setiawan Universitas Katolik Musi Charitas
  • Afiliani Likurnia Stevani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Albertus Ivan Septian Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642

Keywords:

Multiplication operations, Summary of Material and Questions, Discovery Learning Model, Operasi Hitung Perkalian, Ringkasan Materi dan Soal, Model Pembelajaran Discovery

Abstract

Abstract. Community service carried out by the dedication team consisted of lecturers and students of the Musi Charitas Catholic Primary School Teacher Education Study Program in cooperation with Elementary School State No.42. Community service is carried out in five meetings with a duration of two hours per meeting. Each meeting, the dedication team uses a summary of the material and questions about multiplication operations. The assistance provided by the service team outside of school hours is in the form of additional hours and is prioritized for children with low and moderate abilities. The method used is the lecture method, discussion, question and answer, and discovery learning models. In addition, this assistance process is carried out where one person accompanies a maximum of three students with the aim of getting maximum results. Output generated in this service activity is a summary of material and questions about multiplication counting operations. The summary of the material and questions provided aims to train students' abilities to more easily understand the overall multiplication operation.

Abstrak. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim pengabdian terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Katolik Musi Charitas bekerjasama dengan SD Negeri 42 Palembang. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan durasi 2 jam tiap pertemuan. Tiap pertemuan, tim pengabdian menggunakan ringkasan materi dan soal tentang operasi perkalian. Pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdian di luar jam sekolah berupa jam tambahan dan diutamakan bagi anak-anak yang berkemampuan rendah dan sedang. Metode yang digunakan ada metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan model pembelajaran discovery. Di samping itu, di dalam proses pendampingan ini dilakukan dimana 1 orang mendampingi maksimal 3 siswa dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian ini berupa ringkasan materi dan soal tentang operasi hitung perkalian. Ringkasan materi dan soal yang diberikan bertujuan untuk melatih kemampuan siswa agar lebih mudah memahami operasi perkalian secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lisnani Lisnani, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan

Adrianus Danang Setiawan, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan

Afiliani Likurnia Stevani, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan

Albertus Ivan Septian, Universitas Katolik Musi Charitas

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan

References

Lasena, A., Ora, R. G., & Sulistiawati. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika GASING Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Perkalian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 27 Desember 2014. Yogyakarta.

Muljono & Djaali, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Mutaqin, E.J. (2017). Analisis Learning Trajectory Matematis dalam Konsep Perkalian Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Dwijacendekia Jurnal Riset, 1(1), 19-33.

Prahmana, R. C. I & Suwasti, P. (2014). Local Instruction Theory on Division In Mathematics GASING: The Case of Rural Area’s Students In Indonesia. Journal of Mathematics Educations, 5(01), 391-398.

Raharjo, M,. Astuti W., & Titik, S. (2009). Modul Matematika SD Program BERMUTU: Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Taufina. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 5: Pengalamanku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudin & Sudrajat, (2003). Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.

Yuntawati & Lalu, A.A., (2016). Pengembangan Media Congklak pada Pengembangan Media Congklak pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas III SDN 7 Pemenang Barat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(1), 12-17

Downloads

Published

2020-01-30

Issue

Section

Articles