PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN KOPERASI BERBASIS SYARIAH BAGIPELAKU UMKM DI CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT

Muslikh Muslikh, Lily Deviastri, Rini Hidayati

Abstract


Abstract.The purpose ofthisprogramis to raise awarenessandentrepreneurialskillsfor SMEs enterprise.The method usedis byapproachingthe SMEs enterpriseto identifythe problemsfaced bythem. The training methods were given by lectures anddiscussionsaboutentrepreneurship. The resultis the increasing of awarenessand understanding ofentrepreneurshipincluded:finance, banking, accounting, marketing, productionand cooperatives. Therefore,entrepreneurship training for SMEs enterprise should be donecontinuously, thus increasingsales turnover.

Keyword: Training, Entrepreneurship, Cooperation, Based on Syariah, SMEs Enterprise

 

Abstrak. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan kewirausahaan dan perkoperasian bagi pelaku usaha kecil (UMKM). Metode yang dipergunakan adalah mengadakan pendekatan dengan mitra pelaku usaha kecil untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahn  yang dihadapi UMKM. Metode pelatihan dengan ceramah dan diskusi tentang kewirausahan dan perkoperassian berbasis dsyariah. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya kesadaran dan pemahaman tentang kewirausahan dan perkoperasian berbasis syariah yang meliputi aspek: keuangan  syariah, perbankan syariah, akuntansi syariah, pemasaran online. Pelatihan kewirausahaan dan koperasi berbasis syariah bagi pelaku usaha kecil perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kinerja UMKM.

Keyword: Pelatihan, Kewirausahaan, Koperasi , Berbasis Syariah, UMKM


Keywords


Training; Entrepreneurship; Cooperation; Based on Syariah; SMEs Enterprise

Full Text:

PDF

References


Anggara, Cici. 2015. Coopetition Usaha Mikro Kelompok Usaha Mandiri Mayarakat (KUMM) Desa Bantar Kambing. http://cici-anggara.co.id/2015/07/coopetition-usaha-mikro-kelompok-usaha.html (Diunduh 12 Oktober 2016)

Irawan, R. 2013. Aspek Perpajakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. The 6th NCFB and Doctoral Colloquium, Unika Widya Mandala Surabaya.

Laporan tahunan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Usaha Menengah, http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/laporan-tahunan/ (Diunduh 21 Oktober 2016)

Pitra Sarosa, (2006), Becoming Yong Enterpreneur, Alex Media Competindo Tambunan,Tulus, (2012), Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia:Beberapa Isu. Penting,Penerbit Jakarta; Salemba Empat

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan MenengahWarsono, S., E. Murti, A.Ridha dan A.Darmawan. 2010. Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan


Article Metrics

Abstract has been read : 686 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Terapan Abdimas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Terapan Abdimas by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View Jurnal Terapan Abdimas Stats